27.2 C
Semarang
, 21 July 2021
spot_img

Udinus Dapat Dana Hibah Rp 1,6 M Lewat PKKM 2021

Semarang, Jatengnews.id – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang berhasil lolos dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2021.

Melalui program yang disiapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikti Kemendikbud) tersebut, Udinus mendapatkan dana hibah sebesar Rp 1,6 Miliar.

Untuk mendapatkan dana hibah itu, Udinus harus bersaing dengan lebih dari 4900 perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia dalam program tersebut. Pada akhirnya, Udinus bersama dengan 142 perguruan tinggi negeri dan swasta lainnya berhasil memperoleh dana setelah lolos dalam beberapa tahap seleksi, yakni tahap evaluasi administratif, tahap evaluasi kualitas dan kelayakan proposal, serta tahap verifikasi kelayakan yang dilakukan dengan visitasi daring.

Adanya pendanaan dalam PKKM ini merupakan salah satu upaya untuk tercapainya relevansi terhadap kurikulum perguruan tinggi dengan dunia industri dan bisnis. Dana tersebut diberikan agar perguruan tinggi mampu menunjang beberapa kegiatan kampus merdeka. Lebih lanjut, dana hibah tersebut diperuntukkan untuk mengawal program Kampus Merdeka Merdeka Belajar di Program Studi S-1 Teknik Industri di Udinus dan Instutional Support System (ISS).

Ucapan selamat turut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani. Ia memaparkan, kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi terbesar, karena mengeluarkan dana senilai kurang lebih 415 miliar yang disebarkan kepada perguruan tinggi negeri maupun swasta yang berhasil lolos.

BACA JUGA:  Mie Ongklok Instan Mas Desta Cocok Jadi Sajian Sahur dan Buka Puasa

Lebih lanjut dirinya menerangkan bahwa dalam kegiatan ini, tercatat jumlah dana tertinggi didapatkan oleh perguruan tinggi swasta dengan persentase perbandingan sebesar 76,06 persen.

“Hal ini membuktikan bahwa kami tidak membedakan antara perguruan tinggi negeri dan swasta selama semua persyaratan mampu terpenuhi,” jelasnya.

Perguruan tinggi yang telah lolos nantinya akan diberikan beberapa paparan mengenai apa saja tidak lanjut yang harus dilakukan. Hal tersebut dimulai dari sosialisasi terkait pengurusan dokumen kontrak dalam perjanjian pelaksanaan terhadap PKKM, pencairan anggaran sampai dengan pertanggungjawaban terhadap PKKM, serta penjelasan mengenai Fitur Pemenang Hibah di Aplikasi PKKM yang semuanya dijelaskan oleh pihak Dikti Kemendikbud.

BACA JUGA:  Undip Akan Mewisudakan 1.536 Mahasiswa Secara Daring dan Luring

Kebanggaan atas capaian yang sudah diraih tak hanya dirasakan oleh civitas Udinus, namun juga Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko. Menurutnya, Udinus terus menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Dirinya berharap, dengan dana hibah yang diterima melalui PKKM 2021, pihaknya bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

“Semoga mampu memberikan motivasi juga bagi seluruh civitas hingga mahasiswanya memperoleh wawasan lebih luas lagi. Baik itu di luar lingkungan kampus maupun di dalam kampus dengan adanya program kampus merdeka ini,” harapnya. (Devan-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan