30 C
Semarang
, 24 October 2021
spot_img

Waspada Kanker Pada Anak Sebelum Terlanjur Sulit Diobati

Semarang, Jatengnews.id – Dokter Onkologi Anak RSUP Prof dr R D Kandou, Stefanus Gunawan mengajak orang tua lebih mewaspadai kanker yang menyerang anak sebelum memasuki tahapan yang lebih parah dan lebih sulit diobati.

Dalam webinar yang disiarkan kanal Youtube YKAKI wecare pada hari Jumat (24/9/2021), ia menyampaikan kanker pada anak sendiri belum diketahui pasti penyebabnya.

“Para ahli masih sepakat, belum tahu secara pasti apa penyebab kanker pada anak-anak, karena anak-anak usia dini belum banyak terpapar lingkungan atau masalah, tapi bisa mengalami penyakit berat,” ungkapnya.

Meski begitu, ia menuturkan ada beberapa faktor risiko yang mempermudah terjadinya kanker pada anak. Yaitu faktor genetik, virus, paparan radiasi seperti kebocoran reaktor nuklir dan paparan radiasi yang berlebihan pada industri atau dunia kesehatan, serta paparan bahan kimia seperti pestisida atau asap rokok.

Lebih lanjut, Gunawan mengatakan kanker pada anak tidak bisa dicegah karena belum diketahui apa penyebab pastinya.

“Yang bisa dilakukan adalah pencegahan sekunder. Artinya harus mengenali secara dini pada anak sehingga bisa diobati dengan cepat dan tepat,” tegasnya.

Ada tujuh hal yang harus menjadi perhatian orang tua terhadap tanda-tanda yang ditunjukkan anak. Gejala yang dimaksudkan ialah sebagai berikut :

  1. Pucat, memar atau pendarahan, dan nyeri tulang pada anak yang bersifat spontan dan berulang. Hal ini bisa jadi tanda bahwa anak terkena kanker darah atau leukimia.
  2. Terlihat benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri dan tanpa demam atau tanda-tanda infeksi yang lain.
  3. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, walaupun pola makan dan minum anak normal-normal saja.
  4. Perubahan-perubahan yang terjadi pada mata seperti terlihatnya manik putih, juling, hilangnya penglihatan, dan memar atau bengkak di sekitar mata.
  5. Perut yang membuncit.
  6. Sakit kepala yang menetap, tapi bukan karena terlalu lama bermain gawai (gadget). Biasanya terjadi di pagi hari disertai muntah tanpa ada penyebab yang jelas. Perlu diwaspadai bisa jadi ini merupakan gejala tumor otak.
  7. Nyeri pada tangan, kaki, atau tulang dan bengkak tanpa riwayat trauma atau infeksi. Hal ini bisa jadi tanda kanker tulang.
BACA JUGA:  Peringati Hari Bumi, Walhi Pamerkan Foto Sisi Lain Kota Semarang
BACA JUGA:  Hindari Western Diet, Pola Konsumsi yang Bahayakan Tubuh

“Kalau ada salah satu dari tujuh gejala ini, maka waspadalah dan segera untuk diperiksakan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memastikan ini adalah kanker atau bukan,” katanya.

Dijelaskan bahwa tumor dan kanker merupakan pertumbuhan sel atau benjolan yang bertumbuh lebih dari normal. Bedanya, tumor jinak biasa disebut sebagai tumor, sedangkan tumor ganas dikenali sebagai kanker.

Tumor jinak atau tumor merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal namun sifatnya jinak, dan tidak bisa menyebar ke mana-mana.

“Sedangkan tumor ganas atau kanker adalah suatu pertumbuhan sel yang abnormal, yang berlebihan berlipat ganda sehingga menimbulkan gangguan pada jaringan di sekitarnya dan dapat juga menyebar. Bukan hanya di tempat bertumbuhnya, tapi bisa menyebar di bagian-bagian lain dalam tubuh melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening,” jelasnya. (Devan-01).

Berita Terkait

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img

Berita Pilihan