26 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

Dorong Transisi Energi, Ganjar Jadikan Cilacap Pilot Project Kapal Listrik di Jateng

Cilacap, Jatengnews.id – Dorong transisi energi, Ganjar Pranowo jadikan Cilacap Pilot Project Kapal Listrik di Jawa Tengah.

Menggandeng PLN dan perusahaan teknologi terkemuka, Ganjar mengajak nelayan Cilacap mengganti kapal motor berbahan BBM ke mesin listrik berbasis baterai.

Launching dilakukan Ganjar di Pantai Teluk Penyu Cilacap pada Jumat (11/8/2023). Dalam kesempatan itu. Ganjar memberikan bantuan mesin kapal berbahan listrik kepada sejumlah nelayan.

Selain itu. bantuan lain juga diberikan antara Iain hibah alat perikanan tangkap senilai Rp1.6 miliar, asuransi nelayan senilai Rp1 miliar dan bantuan Iainnya.

“Kita harus berani melakukan tindakan cepat. Apa itu transformasi energi ke energi ramah lingkungan. Hari ini produk-produknya sudah jadi, sekarang yang perlu dilakukan adalah eksekusi.” kata Ganjar.

“Kalau tidak ada insentif ini akan sulit. Maka saya tadi usulkan pemerintah memberikan insentif kepada mereka. PLN memberikan apa, pemerintah daerah, provinsi dan pusat memberikan apa. Sehingga, para nelayan kita siap dan menerima peralihan ini.” jelasnya.

Selain mengurangi emisi. penggunaan kapal listrik berbahan bakar baterai ini, lanjut Ganjar, juga membuat nelayan semakin sejahtera.

Sebab. pengeluaran yang dikeluarkan nelayan semakin sedikit untuk pergi melaut.(01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN