32 C
Semarang
, 15 April 2024
spot_img

Ade Rai Ungkap Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa

Jakarta, Jatengnews.id – Ahli kebugaran Ade Rai memberi tips agar olahraga yang dilakukan saat puasa memberi manfaat lebih, termasuk membakar lemak lebih banyak.

Menurut pria bernama lengkap I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha itu, menjelang waktu buka puasa adalah waktu terbaik untuk berolahraga, karena bisa sangat efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Baca juga : CFD Karanganyar Tetap Buka Saat Puasa

Olahraga di penghujung waktu puasa juga akan membuat lemak terbakar lebih banyak. Ini karena karbohidrat sebagai sumber energi dalam bentuk makanan sudah habis digunakan untuk beraktivitas seharian penuh.

“(Olahraga) sebelum buka puasa, pada saat perut sudah kosong banget kita pakai latihan beban, itu nggak main-main (manfaatnya),” ungkap Ade Rai dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Jumat (15/03/2024).

Sosok yang pernah meraih dua gelar juara dunia, Superbody Professional dan Musclemania Professional ini menyebutkan, olahraga menjelang waktu buka puasa juga akan membuat pembakaran lemak berkali-kali lipat lebih banyak dibanding tidak berolahraga saat puasa.

“Ibaratnya yang tadinya pakai lemaknya misalnya anggap aja 100, dipakai olahraga, ya sudah diambil aja 500. Ini karena satu menit (puasa) kita nggak berolahraga atau kita normal, kita akan membakar 70 kalori. Tapi kalau kita olahraga, kita bisa membakar 300 hingga 600 kalori,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lelaki yang tetap bugar dan awet muda di usia 53 tahun itu juga menyebutkan, olahraga saat puasa akan membuat efek pembakaran lemak melebihi waktu puasa, alias manfaat puasa jadi lebih panjang.

“Jadi kalau seandainya kita olahraga pada saat perut kosong, waktu kita puasa, kita mendapatkan seolah-olah ‘ekstra puasa’ antara 1 sampai 5 jam ekstra,” jelasnya.

“Jadi kalau puasanya sampai 16 jam, jadi seolah-olah kita dapat puasanya 21 jam, gara-gara latihan di ujung puasa kita,” lanjutnya.

Meski begitu, pada April 2022 silam Ade Rai juga mengingatkan tetap memperhatikan sahur bila ingin menurunkan berat badan saat bulan puasa. Termasuk memperhatikan asupan nutrisi seperti protein, lemak dan sarat.

Baca juga : Bubur Samin, Menu Istimewa Berbuka Puasa Masjid Darussalam Jayengan

Menariknya ternyata lelaki kelahiran 6 Mei 1970 ini menyarankan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat saat sahur. Hal tersebut bertujuan agar tubuh dapat menggunakan lemak sebagai sumber tenaga saat berpuasa. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN