26 C
Semarang
, 13 April 2024
spot_img

Pemprov Jateng Jajaki Kerja Sama dengan China, Pariwisata dan Tukar Ilmu Pelajar Jadi Pilihan

Semarang, JatengNews.id – Pemprov Jateng jajaki kerja sama dengan China usai ekonomi kedua negara pulih di tahun 2024.

Bidang Pariwisata dan tukar pelajar SMA/SMK jadi pilihan kedua negara tersebut. Hal ini seiring pulihnya ekonomi, pertumbuhan rakyat kelas menengah, dan pesatnya sektor industri di China.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno dengan Konsul Jenderal RRT Xu Yong, Selasa (19/3/2024). Tercatat, kerja sama Jateng dan RRT sudah terjalin, satu di antaranya, program sister province dengan Provinsi Fujian, sejak 2014.

Dilansir dari Jatengprov.go.id, Sumarno mengatakan, kerja sama itu menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Di bidang investasi, RRT telah berinvestasi di Jateng senilai Rp5,5 triliun. Ini menempatkan Negeri Tirai Bambu, sebagai negara ke lima yang paling banyak menanamkan modal di provinsi ini.

Baca juga: Ajang PPD 2024, Pemprov Jateng Andalkan Program “Tuku Lemah Oleh Omah”

“Investasi Tiongkok lima besar di Jateng, kami harap ada kerja sama intensif lagi. Ke depan RRT juga meningkatkan jumlah penduduk menengah ke atas, tentu saja kelas ini membutuhkan vacation, ini yang akan kita tangkap,” ujar Sumarno.

Ia mengatakan, banyak potensi wisata yang bisa ditawarkan kepada turis dari RRT. Selain Candi Borobudur, juga ada Karimunjawa yang memiliki pantai eksotis.

Selain itu, Jateng juga melirik kerja sama di bidang pendidikan. Sumarno menyebut, pesatnya industri di RRT memberikan celah kerja sama peningkatan kualitas pelajar SMA/ SMK. Selain itu, di bidang olahraga, Jateng juga menjajaki kerjasama pengembangan mutu atlet wushu.

“Kemarin sudah berjalan, namun karena Covid-19, sempat terhenti. Mudah-mudahan dengan pertemuan ini, apa yang dilakukan di 2019 bisa kita tindak lanjuti,” imbuh Sumarno.

Konsul Jenderal RRT Xu Yong menyambut baik potensi peningkatan kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama antara Jateng dan Tiongkok, khususnya Fujian, membawa kerja sama bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Pemprov Jateng Dorong Perusahaan Berikan Fasilitas Kesejahteraan untuk Pekerja

“Dari kedua pihak ada komentar tinggi untuk kerja sama, di antara Jateng dan Fujian dan bidang lain. Dan kedua pihak menyepakati kerja sama kedua daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Xu Yong menyatakan akan terus mendorong kerja sama, bukan hanya Jateng dan Fujian, tapi daerah lain di RRT.

“Kami juga berharap dari sahabat lokal, untuk mendorong kerja sama daerah. Terima kasih atas bantuan dan dukungan kalangan lokal, harapannya bisa mendorong kemitraan strategis Indonesia Tiongkok lebih maju,” pungkas Xu Yong. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN