32 C
Semarang
, 17 April 2024
spot_img

Makanan Kedaluwarsa Ditemukan di Pasar Tradisional dan Toko Modern

Solo, Jatengnews.id – Makanan kedaluwarsa masih saja ditemukan di sejumlah pasar tradisional dan toko modern di Kota Solo.

Hal itu diketahui saat Pemerintah Kota Surakarta melalui Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan melakukan tinjauan pengawasan keamanan pangan di beberapa lokasi pada Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Dinas Kesehatan Temukan Makanan Kadaluarsa di Terminal Tirtonadi Solo

Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan dipimpin langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta serta dinas terkait .

Kepala Bidang Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Kefarmasian Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Anom Yuliansyah menjelaskan tinjauan ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Kota Surakarta untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakar untuk mendapatkan makanan yang aman selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Menurut Anom menyatakan kegiatan  menyasar mulai dari produsen makanan, toko, pasar, hingga lingkungan.

“Sasarannya kita pantau sarana penyimpangan pangan, pemeriksaan kemasan pangan, izin edar, tanggal kadaluwarsa, hingga pemeriksaan mutu dan kualitas pangan,”jelasnya .

Dikatakan Anom,  dalam tinjauan tersebut,  ditemukan beberapa barang yang sudah tidak layak edar dengan berbagai faktor seperti lewat tanggal kedaluwarsa, kemasan yang sobek, tidak adanya keterangan expired, hingga penyimpanan makanan yang dinilai kurang sesuai.

Baca juga: Kemensos Berikan Makanan dan Kesehatan Korban Banjir Semarang

“Nanti kami kirim teguran secara administratif yang selanjutkan kita sarankan untuk segera ditarik dari peredaran atau dikembalikan ke distributor,”ujarnya.

Tim Pengawasan akan selalu memantau hasil tindak lanjut dari pengelola terhadap temuan dari tim pengawas. Ia mendorong setiap pengelola untuk selalu melakukan pemantauan  ketersediaan makanan yang beredar di masyarakat. (Iwan-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN