27 C
Semarang
, 14 April 2024
spot_img

Jelang Lebaran Kemenhub Lakukan Ramp Check Pesawat di Bandara Soekarno Hatta Ini Temuannya

Jakarta, Jatengnews.id – Kementrian Perhbungan melakukan Ramp Check atau uji kelaikan pesawat secara periodik oleh Ditjen Perhubungan Udara di Bandara Soekarno-Hatta alias Bandara Soetta.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menjelaskan ramp check dilaksanakan Kementerian Perhubungan ini dilakukan pengecekan seluruh aspek, baik badan pesawat maupun dokumen terkait pesawat.

Baca juga : Lebaran Lebih Meriah, Yuk ke Festival Mudik 2024 Wonosobo, Ada Semarak Balon Udara

Tak hanya itu, semua hal terkait komponen pesawat di periksa secara detail sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dengan regulasi yang ada.

“Aspek pelayanan keselamatan tentunya harus dapat dipastikan terpenuhi dengan cara uji pemeriksaan kelayakan seluruh moda transportasi yang akan beroperasi selama mudik Lebaran,” ucap Budi Karya Sumadi dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Sabtu (30/03/2024).

Tak hanya mengecek kelayakan moda transportasi. Ia juga memastikan kesiapan pelayanan angkutan penumpang Lebaran di Bandara Soetta tersebut sebagai menghadapi arus mudik bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Namun, berdasarkan data terkini, mulai terjadi lonjakan penumpang di bandara tersebut. Terdapat kurang lebih sekitar 193 juta penumpang penerbangan atau meningkat sebesar 50 persen.

Untuk mengatasi terjadinya lonjakan penumpang itu. Kementerian Perhubungan memerintahkan agar petugas bandara di area drop off ditambah guna menghindari antrean panjang.

Selain itu, sebagian besar counter check-in saat ini akan difungsikan hanya sebagai tempat untuk meletakkan bagasi.

“Mudik kali ini memang peningkatannya besar ada sekitar 193 juta yang akan mudik atau sebesar 50 persen. Oleh karenanya kita harus siap untuk menghadapi mudik Lebaran ini,” tuturnya.

Ia mengatakan, jika secara keseluruhan semua prosedur penerbangan berjalan aman terkendali dan fasilitas bandara berfungsi optimal.

Baca juga : Sambut Pemudik Lebaran Jalan di Jateng Siap Dilintasi

“Dilihat dari suatu fakta di lapangan, dari pemesanan tiket yang terjadi, dan ini berdasarkan survei bahwa pemesanan tiket ini terjadi pada H-3 Lebaran Idul Fitri 2024,” katanya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN