28 C
Semarang
, 29 May 2024
spot_img

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Siap Dicalonkan Bupati Karanganyar

Karanganyar, Jatengnews.id – Sekretaris DPD PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Sumanto, menyatakan kesiapannya jika diperintahkan partai sebagai bakal calon bupati dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karanganyar.

Penegasan tersebut disampaikan Sumanto kepada wartawan, Jumat (5/4/2024) petang.

Baca juga: 7 Caleg Temui Dewan Kehormatan PDI Perjuangan

Menurut mantan Ketua DPRD Karanganyar ini,  seluruh kader partai, memiliki kesempatan yang sama untuk dicalonkan sebagai bakal calon bupati.

Hanya saja, menurut Sumanto, keputusan akhir siapa yang akan diperintahkan sebagai bakal calon bupati, sepenuhnya kewenangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

“Seluruh kader partai punya hak yang sama. Semua harus siap jika ditugaskan oleh partai. Termasuk saya. Sebagai prajurit, saya siap dan tegak lurus untuk melaksanakan perintah ibu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan,”tegasnya.

Sumanto mengaku jika sejumlah nama, baik dari internal partai maupun masyarakat umum, disebut memiliki peluang yang cukup besar menerima rekomendasi sebagai bakal calon bupati.

“Secara kelembagaan, kita akan melakukan proses penyaringan dan penjaringan. Keputusan akhir tetap berada di DPP PDI Perjuangan,”ujarnya.

Meski meraih kursi terbanyak dalam Pemilu lalu, Sumanto menjelaskan, tidak tertutup kemungkinan akan berkoalisi dengan partai lain.

Baca juga: Caleg PDI Perjuangan Suprapto Optimis Dilantik

“Berkoalisi dengan partai lain, bukan hal yang mustahil. Tapi dengan partai mana nanti saja. Komunikasi non formal juga sudah dilakukan di semua daerah yang akan melaksanakan Pilkada,”jelasnya

Disisi lain, terkait dengan dua Caleg terpilih  yang terancam tidak dilantik akibat terganjal peraturan internal partai, Sumanto enggan memberikan keterangan lebih lanjut.(Iwan-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN