30 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

SMP Negeri 2 Semarang Berbagi ke Panti Asuhan di Bulan Ramadhan

Semarang, JatengNews.id – SMP Negeri 2 Semarang berbagi bersama ke panti asuhan di Kota Semarang dari hasil donasi yang dikumpulkan bersama.

Ada 2 panti asuhan yang dikunjungi oleh SMP Negeri 2 Semarang yakni Panti Asuhan Kyai Ageng Majapahit Kecamatan Pedurungan dan Panti Asuhan Nurul Baet Kecamatan Genuk, Jumat 5 April 2024.

Dari pantauan JatengNews di lokasi, tampak guyub dalam kunjungan dan berbagi bersama di panti asuhan tersebut karena yang secara langsung dihadiri Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Semarang Nining Sulistyaningsih, Sekertaris Dinas Pendidikan Semarang Erwan Rachat serta perwakilan siswa-siswi.

Baca juga: Antusiasme Pemudik Gunakan Kapal Perang Sebagai Moda Transportasi

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Semarang Nining menyampaikan, kegiatan di bulan Ramadhan ini diinisiasi oleh OSIS dan Dewan Galang SMP Negeri 2 Semarang.

Kegiatan bertemakan Espero Gloriou Day ini diawali dengan bumbung peduli dari seluruh siswa orang tua dan bapak atau ibu guru serta karyawan.

Dari hasil bumbung peduli yang diperoleh digunakan untuk, pertama pembagian takjil pada tanggal 30 Maret 2024 di halaman sekolah.

Kedua, memberikan santunan kepada anak-anak panti asuhan. Ketiga memberikan bantuan kepada siswa SMP Negeri 2 Semarang yang membutuhkan.

Kegiatan ini juga termasuk mengimplementasikan program SJSS (Sekolah Jujur Sekolah Saya). Di mana ada 9 nilai anti korupsi dilaksanakan oleh anak-anak.

Yaitu, JUJUR, dalam bentuk melaporkan donasi setiap hari kepada warga sekolah.

MANDIRI, semua program siswa sendiri yang memprakarsai. TANGGUNGJAWAB, setiap anak-anak OSIS dan dewan Galang dibagi dalam divisi kegiatan-kegiatan. BERANI, mengambil keputusan dengan musyawarah.

Selanjutnya, SEDERHANA, kegiatan dilakukan di sekolah dan di panti asuhan. PEDULI, mereka peduli kepada lingkungan sekitar baik kepada temannya sendiri maupun dengan anak-anak panti asuhan.

ADIL, mereka membagi hasil donasi untuk 2 panti secara adil sesuai proporsi masing-masing dan KERJA KERAS dari awal sampai akhir kegiatan anak-anak bersama-sama bergotong-royong bahu-membahu menyelesaikan setiap tugasnya masing-masing.

“Dalam kegiatan kali ini dari siswa terkumpul dana Rp11 juta dan berbagai sembako dan pakaian layak pakai dari para guru SMP Negeri 2 Semarang,” kata Bu Nining sapaan akrabnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang Erwan Rachmat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 2 Semarang.

Menurutnya para siswa SMP Negeri 2 Semarang memiliki budi pekerti luhur yang dibentuk berkat didikan guru dan lingkungan sekolah yang baik.

Baca juga: Undip Terima 3.055 Mahasiswa Baru Jalur SNBP 2024

“Kegiatan siswa SMP Negeri 2 Semarang ini sangat positif dan dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain,” imbuhnya.

Di waktu yang sama para siswa juga mengikuti acara Gebyar Ramadhan dengan setiap pagi melaksanakan sholat Duha, khotmil Qur’an. Pada tgl 5 April 2024 diadakan peringatan Nuzulul Qur’an, buka puasa bersama, pembagian takjil untuk warga sekitar sekolah dan sholat Tarawih.  (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN