28 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

Kota Semarang Pertahankan Juara Umum MTQ Tingkat Jateng

Semarang, JatengNews.id – Kota Semarang berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara umum Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 tingkat Jateng.

Kota Semarang pertahankan juara umum MTQ ke 30 tingkat Jateng yang berlangsung di Kabupaten Pati.

Perhelatan yang berlangsung di Kabupaten Pati pada 25-28 April 2024 lalu mengusung tema “Semangat MTQ Bangun Jiwa Muda Qur’ani Untuk Jawa Tengah Lebih Religius“.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menutup acara dan menyerahkan secara langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-30 dari berbagai kategori lomba.

Baca juga: Perayaan HUT ke-477 Kota Semarang, Ada Semarang Night Carnival hingga Nonton Bareng Timnas U-23

Dalam gelaran ini, Kota Semarang keluar sebagai juara umum, disusul dengan Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus.

Kompetisi MTQ ini terdiri dari delapan cabang dengan 24 kategori, baik putra maupun putri. Pesertanya sebanyak 830 orang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kemenangan ini merupakan awal untuk meningkatkan prestasi dan harapannya bisa mengharumkan nama Jawa Tengah ditingkat nasional,” kata Nana.

Sementara itu, Asisten Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur bersyukur Kota Semarang kembali meraih posisi pertama dan menjadi juara umum MTQ ke-30 tahun 2024.

“Alhamdulillah pada MTQ ke-30 tahun 2024 yang ditutup pada hari Minggu tanggal 28 April 2024 lalu, Kota Semarang kembali mempertahankan predikat sebagai juara umum,” ujar Hernowo.

Kota Semarang, lanjut Hernowo, meraih sebanyak 24 trophy atau piala. Dengan rincian, juara 1 sebanyak 12 piala, juara 2 mendapatkan 10 piala dan juara 3 mendapat 3 piala.

“Jadi total keseluruhan kita bisa mendapatkan 24 piala, dengan skor nilai total mencapai 92 nilai. Skor ini membuat Kota Semarang unggul jauh dari kabupaten/kota lain hingga menjadikan kita juara umum,” imbuhnya.

Baca juga: Mbak Ita Ajak Masyarakat Ikut Terlibat Promosikan Pariwisata di Kota Semarang

Dirinya menyebut, prestasi dari anak-anak yang mengikuti lomba MTQ patut mendapatkan apresiasi. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan mengundang agar anak-anak berprestasi tersebut bisa ikut dalam Upacara HUT Kota Semarang ke-477 di Balai Kota Semarang pada 2 Mei 2024 besok.

“Seperti biasa, Wali Kota Semarang ibu Hevearita Gunaryanti Rahayu selalu memberikan penghargaan khusus kepada para juara, termasuk saat moment HUT Kota Semarang. Piala juara umum-nya akan diserahkan kepada ibu Wali Kota dari para peserta MTQ. Ini menunjukkan bahwa mereka telah berjuang, mengharumkan nama Semarang dan berhasil menjadi juara umum,” jelasnya. (adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN