32.6 C
Semarang
, 26 May 2024
spot_img

Peringati Hardiknas, Sekda Jateng Sebut Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045

Pemalang, Jatengnews.id – Sekda Jateng Sumarno menghadiri acara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 tingkat Provinsi Jateng di Alun-alun Pemalang Kamis (2/5/2024),

Beragam kegiatan dihelat untuk memeriahkan acara tersebut, mulai dari upacara, pameran karya,  hingga lomba kompetensi siswa (LKS) yang diikuti oleh ribuan siswa.

Baca juga: Specta Jateng 2024, Sekda Jateng Sumarno Turun di Laga Perdana Tenis

Sumarno mengatakan, pendidikan  mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sehingga mampu mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045.

“Peradaban suatu bangsa tidak lepas dari kualitas pendidikan. Sehingga peringatan Hardiknas 2024 diharapkan menjadi momentum meningkatan kualitas pendidikan di Jateng,” kata Sumarno.

Menurut dia, sebanyak apapun sumber daya alam yang dimiliki, jika sumber daya manusia tidak mampu mengelola dengan baik, maka apa yang dicita-citakan bangsa tidak akan tercapai. Oleh karenanya, sumber daya manusia adalah pemegang utama untuk kemajuan bangsa.

Sumarno mengatakan, anak-anak yang saat ini masih berada dibangku sekolah baik tingkat SD hingga SMA akan memegang peranan penting di masa depan. Mereka merupakan calon pemimpin-pemimpin yang akan membawa nahkoda kapal kemajuan bangsa.

“Sehingga kami berharap, ini menjadi momentum, bahwa kita punya tugas  bagaimana meningkatkan SDM untuk kemajuan Indonesia,” katanya.

Dibeberkan Sumarno, berbagai program digulirkan Pemprov Jateng untuk meningkatkan pendidikan di wilayahnya, salah satunya adalah  mengembangkan sekolah vokasi atau kejuruan. Tujuan program ini untuk mengurangi pengangguran di Jateng.

Ia berharap, lulusan SMK dapat berwirausaha sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Sebab, para lulusan SMK dapat membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.

“Banyak SMK yang kita support untuk membangun entrepreneur,  sehingga setelah lulus mereka bisa membuka usaha,” jelas Sumarno.

Seusai kegiatan upacara, Sumarno langsung bertolak ke halaman Gedung DPRD Pemalang untuk melaunching Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-32 dan pameran produk Provinsi Jateng.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Sekda Jateng Dorong Perempuan Harus Melek Teknologi Digital

Ada sebanyak 35 stan, dengan seratusan sekolah kejuruan memamerkan produknya, seperti fesyen, olahan pertanian, hingga kerajinan.

LKS ini  diikuti sebanyak 1.032 siswa SMK. Kegiatan yang berlangsung pada 2-4 Mei 2024 itu, melombakan 47 bidang. Antara lain menampilkan produk pembelajaran praktik dan inovasi dari 140 SMK kategori SMK Usaha Mandiri (Usman), serta hasil produk SMK penyelenggara Pembelajaran berbasis teaching factory (Tefa).(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN