34 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

Pemprov Jateng Antisipasi Kekeringan di Musim Kemarau 2024

Semarang, Jatengnews.id  – Pemprov Jateng antisipasi dampak kekeringan yang kemungkinan terjadi pada musim kemarau 2024.

Apalagi berdasarkan prediksi BMKG, beberapa daerah di Jateng mulai masuk musim kemarau pada Mei 2024. Pemprov dan masyarakat diminta mulai antisipasi terjadinya ini.

Baca juga: Peringati Hardiknas, Sekda Jateng Sebut Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045

“Untuk kesiapan daerah-daerah kekurangan air, kita  sudah koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya memenuhi kebutuhan air di musim kemarau,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno usai menghadiri rapat paripirna DPRD Jateng di Gedung Berlian, Semarang, Senin (6/5/2024).

Pada musim kemarau, lanjut Sumarno, berpotensi terjadi kekeringan, kekurangan air bersih, hingga berdampak terhadap pola tanam di sektor pertanian.

Meskipun demikian, Sumarno mengatakan,  optimististis target produksi pangan Jateng akan tercapai. Apalagi,  Jateng dijadikan sebagai penumpu pangan nasional.

“Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama, terlebih Jateng menjadi penopang pangan nasional. Sehingga semua harus benar-benar menyiapkan untuk menjaga produksi pangan kita,” ujarnya.

Baca juga: Specta Jateng 2024, Sekda Jateng Sumarno Turun di Laga Perdana Tenis

Sumarno mengaku, mendapat masukan dari para petani kaitannya dengan masalah distribusi pupuk, waktu tanam, dan sebagainya.

“Alhamdulilah dari pusat sudah ada alokasi pupuk untuk Jateng dan sudah kita tindaklanjuti alokasinya,” ujarnya. (02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN