27 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

10 Tempat Wisata di Jepara Surga Tersembunyi Dari Jawa Tengah

Semarang, Jatengnews.id – Banyak orang mengenal Kabupaten Jepara karena keberadaan Kepulauan Karimunjawa yang disebut sebagai salah satu surga bawah laut di Indonesia.

Berikut 10 tempat wisata tersembunyi di Jepara dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

1. Taman Nasional Karimunjawa

Kota Jepara sudah identik dengan keindahan alam di Kepulauan Karimunjawa. Gugusan yang terbentuk lebih dari 20 pulau kecil ini dikembangkan sebagai wisata taman laut dengan banyak spot menarik. Kamu bisa snorkeling untuk menyaksikan indahnya biota laut, singgah di penangkaran hiu, tracking ke hutan mangrove, mengunjungi banyak pantai sekaligus, wisata kuliner, hingga wisata religi.

2. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten terdiri dari tebing tegak dengan kucuran air cenderung tenang. Air terjun setinggi 50 meter ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 40 menit dari pusat kota Jepara. Untuk menuju ke sana, kamu perlu trekking sekitar 500 meter dengan medan yang lumayan terjal. Tetapi begitu sampai di sana, gemericik air dan juga pepohonan yang asri bakal langsung menyambutmu. Apalagi suasananya tenang, karena belum banyak terjamah wisatawan.

Baca juga : Empat Wilayah di Temanggung Disulap Jadi Desa Wisata

Lokasi: Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

3, Pantai Benteng Portugis

Di pinggir pantai ini berdiri Benteng Portugis yang sudah ada sejak 1923 dan menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Selain ramai dikunjungi karena tampak gagah, banyak orang yang datang untuk berenang di pantai. Tepian pantainya tak berupa pasir, melainkan batuan dan tebing. Karena itu, banyak yang memanfaatkannya untuk memancing. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi hingga gazebo untuk bersantai. Lokasi: Jalan Benteng Portugis – Tayu KM 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

4. Pulau Panjang

Pulau seluas 19 hektare ini dikelilingi perairan dangkal yang sangat jernih dan dipenuhi terumbu karang. Keindahan yang ditawarkan pulau ini tak kalah dengan Karimunjawa, udara bersih serta lingkungannya yang asri jadi daya tarik utamanya. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selain bersepeda antara lain snorkeling, berkemah, hingga wisata religi mengunjungi makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawi. Lokasi: Ujungbatu, Jepara, Jawa Tengah.

5. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi juga populer disebut sebagai Pantai Lemah Abang yang berarti “pantai tanah merah”. Dinamai demikian karena memang pantai ini dipenuhi gundukan hingga bukit dengan tanah berwarna merah yang sekilas bentuknya mirip punuk sapi. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, tapi gak kalah cantik dibanding pantai-pantai berpasir putih. Terdapat hammock dan ayunan yang bisa kamu gunakan untuk bersantai, sekaligus berfoto dari atas ketinggian. Lokasi: Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

6. Hutan Wisata Sreni

Hutan Wisata Sreni atau Sreni Indah berada di kaki Gunung Muria dan merupakan hutan pinus dengan hawa sejuk. Meski termasuk hutan lindung, kawasan Hutan Wisata Sreni juga dikembangkan sebagai kawasan wisata. Terdapat instalasi unik untuk berfoto dan gardu pandang di atas pohon pinus yang bisa kamu nikmati. Selain itu, area seluas 110 hektare yang dikelola Perhutani itu juga kerap menjadi tempat berkemah yang menyenangkan. Lokasi: Desa Bategede Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jawa Tengah.

7. Goa Tritip, Ujungwatu, Donorojo

Zaman dahulu, Gua Tritip merupakan tempat pertapaan seorang tokoh bernama Mbah Joyo Kusumo. Warga setempat menganggap tempat tersebut sebagai petilasannya. Di sekitar gua batu terdapat perahu kayu yang konon menjadi tempat pertapaan Mbah Joyo Kusumo.

Baca juga : Empat Unsur Budaya Meriahkan Semarang Night Carnival, Mbak Ita: Ajang Promosi Wisata

Meski demikian, kini Gua Tritip jauh dari kata seram, karena sudah dikelola dengan baik sebagai tempat wisata. Kamu bahkan bisa bersantai di gazebo atau gardu pandang yang dibangun di sana. Lokasi: Desa Uluwatu, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah.

8. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk punya kemiripan dengan Pantai Jimbaran, Bali. Gak cuma menarik karena lautnya, kawasan ini merupakan tempat wisata kuliner terbesar di Jepara. Banyak rumah makan bergaya gazebo dan rumah apung berdiri di atas pantai berkarang ini. Menu yang disajikan pun beragam, seperti aneka olahan ikan laut hingga makanan khas Jepara. Lokasi: Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

9. Bukit Bejagan

Desa ini punya hamparan sawah yang indah dengan latar gagahnya pegunungan. Salah satu spot yang jadi favorit pengunjung adalah Bukit Bejagan. Bukit ini memiliki rumah pohon yang menjorok langsung ke tebing, memungkinkan kamu menikmati pemandangan hutan dan bukit dari ketinggian. Lokasi: Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

10. Air Terjun Setatah

Air Terjun Setatah memang tidak terlalu tinggi, tapi punya karakteristik lebar dan bertingkat. Lingkungannya masih sangat asri dengan dikelilingi pepohonan serta area persawahan. Selain Air Terjun Setatah, kamu bisa menemukan banyak air terjun lainnya yang masih berada dalam area Batealit, seperti Kedung Cengger, Dong Paso, Kedung Bobot, dan sebagainya. Lokasi: Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN