25 C
Semarang
, 13 June 2024
spot_img

Jalan Lingkar Temanggung Dibeton Sepanjang 1,7 Kilometer

Temanggung, Jatengnews.id – Jalan lingkar antara Geneng sampai dengan Maron di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah sepanjang 1,7 kilometer mulai dibeton dengan dana Rp9,72 miliar dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Temanggung Hendy Wahyu Noerhidayat mengatakan, pengerjaan itu berlangsung selama 180 hari yang terhitung mulai 30 April 2024 hingga 26 Oktober 2024.

Baca juga : Kesal Dituduh Maling Pria di Temanggung Tusuk Temannya Sendiri

“Betonisasi di jalan sepanjang 1,7 kilometer antara Geneng sampai dengan Maron itu dengan lebar tujuh meter, dan bahu jalan sebelah kanan 50 sentimeter dan kiri 50 sentimeter,” terangnya dikutip Jumat (17/05/2024).

Ia mengatakan, betonisasi dilakukan untuk penguatan karena jalan tersebut juga menjadi perlintasan bagi kendaraan bertonase berat, baik truk pengakut pasir, maupun truk trailer yang memiliki kapasitas muatan lebih dari 20 ton.

“Betonisasi ini dilakukan, karena di sepanjang jalan itu tanahnya labil, dan jika diaspal saja mudah rusak dan aspalnya mengelupas, jika setiap hari terkena air hujan,” imbuhnya.

Sementara itu, pelaksana proyek Taufik Usman dari CV. Bilqis Berliana Construction mengatakan, progres pembangunan baru mencapai lima persen, karena pengerjaan dilakukan separuh jalan dulu. Selama proses betonisasi, arus lalu lintas dibuat searah.

“Target pengerjaan segmen satu sepanjang satu kilometer itu kita targetkan selesai dua minggu lagi. Setelah 28 hari dari pengecoran pertama, baru satu sisi kita lakukan pengecoran kembali. Kemudian kita lanjutkan pengerjaan ke segmen dua sepanjang 700 meter,” katanya.

Diharapkan, dengan betonisasi ini para pengguna jalan merasa nyaman dan aman saat melintas di jalan lingkar ini.

Baca juga : Empat Wilayah di Temanggung Disulap Jadi Desa Wisata

“Di sisi lain, betonisasi itu juga bisa membuat umur jalan jadi lebih tahan lama, lebih awet. Di samping itu, jalan juga mampu menyerap air, sehingga tidak akan rusak, walaupun terendam air.” pungkasnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN