27 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

Nadiem Batalkan Kenaikan UKT, Yoyok Sukawi: Sudah Seharusnya

Jakarta, Jatengnews.id  – Rencana kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di tingkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akhirnya dibatalkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

“Untuk tahun ini tidak ada mahasiswa yang akan terdampak dengan kenaikan UKT tersebut,” tandas Nadiem usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (27/5/2024).

Baca juga: VIDEO Rektor Undip Janji Tak Akan Naikkan UKT Mahasiswa

Kabar ini tentu direspons sangat positif oleh para calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa.

Tak terkecuali oleh Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi yang selama ini juga menolak kenaikan UKT yang tidak wajar di PTN.

“Sudah seharusnya Kemendikbudristek tidak menyetujui hal ini. Jangan sampai putra putri bangsa urung untuk kuliah karena UKT yang cukup mahal,” ujar Yoyok Sukawi di Jakarta (28/5/2024).

Baca juga: Dilantik Rektor Undip, Prof Suharnomo Janji UKT Mahasiswa Tidak Akan Naik

Legislator Partai Demokrat ini juga mengungkapkan bahwa Komisi X DPR ingin APBN yang mencapai Rp 664,02 Triliun di bidang pendidikan mampu meredam mahalnya biaya pendidikan di Indonesia.

“APBN untuk pendidikan sudah cukup besar dan memang harus besar. Itu yang semestinya bisa dilakukan untuk meredam mahalnya pendidikan di Indonesia,” tutup Yoyok Sukawi.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN