34 C
Semarang
, 18 June 2024
spot_img

Syamsul Ma’arif Kembali Ditetapkan Jadi Ketua ISNU Kota Semarang

Semarang, JatengNews.id – Prof Dr Syamsul Ma’arif kembali ditetapkan sebagai Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Semarang.

Syamsul Ma’arif kembali ditetapkan Ketua ISNU Kota Semarang melalui Konferensi Cabang (Konfercab) yang digelar, Minggu (9/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Ketua ISNU Kota Semarang terpilih Syamsul Ma’arif menyoroti isu-isu global yang hari ini sedang berkembang, seperti konflik di Timur Tengah. Sehingga mendorong para sarjana NU untuk turut berperan.

Baca juga: ASN Langgar Netralitas di Pilkada, Pj Gubernur Jateng akan Tindak Tegas

“Para sarana NU perlu menjaga kondusivitas kehidupan sosial-keagamaan di masyarakat dengan melakukan dakwah Islam rahmatal lil ‘alamin di dunia digital,” ujarnya.

Dia melanjutkan, isu global lain seperti krisis lingkungan juga perlu mendapat perhatian.

“Hari ini kita perlu menambahkan satu ukhuwah selain ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniyah, ukhuwah basyariah, yaitu ukhuwah kauniyah atau persaudaraan alam semesta,” imbuh Syamsul Ma’arif.

Sementara itu, Ketua PW ISNU Jawa Tengah Dr. Fakhrudin Aziz menyoroti tentang potensi besar sarjana NU yang belum dioptimalkan dengan baik.

“NU memiliki sumber daya manusia yang melimpah. Akan tetapi, kendala utama kita yaitu belum mempunyai sebuah database yang dapat digunakan untuk memetakan potensi ini,” tuturnya.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng Terima Delegasi Amerika Latin dan Karibia

Ia pun mengajak untuk melakukan pendataan para sarjana NU dari berbagai latar belakang keilmuan mulai dari kampus-kampus semacam pembentukan komisariat ISNU di setiap kampus.

“Sehingga peran ISNU dapat menyebar ke berbagai sektor kehidupan masyarakat,” harap Fakhrudin Aziz.

Demikian informasi, Syamsul Ma’arif kembali ditetapkan sebagai Ketua ISNU Kota Semarang. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN