31 C
Semarang
, 23 July 2024
spot_img

Dispertan PP Karanganyar Periksa Hewan Kurban Pedagang

Karanganyar, Jatengnews.id – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar, sepekan menjelang hari raya Idul Adha, mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban milik para pedagang.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di lokasi penjualan kambing dan peternak sapi,  dipastikan hewan kurban milik pedagang dalam kondisi sehat.

Baca juga: Jelang Iduladha, Pemprov Jateng Sebar Dokter Hewan dan Pastikan Ketersediaan Ternak Surplus

Medik Feteriner Dispertan PP Karanganyar, Fatkhurahman kepada wartawan setelah melakukan pemeriksaan hewan kurban, Selasa (12/6/2024) mengatakan, rata-rata hewan kurban yang dijual pedagang sudah poel atau layak untuk kurban.

” Hewan kurban yang dijual, baik sapi dan kambing, dalam kondisi sehat dan bebas penyakit. Rata-rata sudah poel,”terangnya.

Fatkhurahman mengatakan, Idul Adha 2024, sebanyak 5000 ekor sapi yang akan disembelih. Atau sama dengan tahun lalu. Sedangkan untuk kambing, sebanyak 3000 ekor lebih.

“Pada saat penyembelihan hewan kurban, kami akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan dan pengawasan. Tim akan kita sebar ke seluruh kecamatan,”kata dia.

Terpisah, pengelola Sawah Ijo Farm, Diva menuturkan, di kandang sapi miliknya terdapat 200 ekor sapi.

Baca juga: VIDEO Peternak Mulai Siapkan Hewan Kurban

Menurut Diva, sebagian besar sapi miliknya sudah terjual. Para pembeli berasal dari wilayah Solo Raya dan Jabodetabek. Harga per ekor Rp17 juta-Rp27 juta. Bahkan ada harga sapi yang mencapai Rp45 juta.

“Kami pastikan bahwa sapi yang kami jual dalam kondisi sehat dan bebas penyakit. Secara berkala, kami memberikan vitamin, sehingga kesehatan dan kebugaran sampai tetap terjaga,”terangnya.(Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN