Beranda Daerah Respon Cepat Luthfi Yasin Diapresiasi, Pemprov Jateng Terus Perkuat Layanan Aduan

Respon Cepat Luthfi Yasin Diapresiasi, Pemprov Jateng Terus Perkuat Layanan Aduan

Diskusi Evaluasi 100 Hari Gubernur Jawa Tengah, di Kantor PW Muhammadiyah Jateng, Selasa (3/6/2025).(Foto:pemprov)

Semarang, Jatengnews.id – 100 hari kinerja  Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi dan Wakil Gubernur Taj Yasin telah menunjukkan kepemimpinan yang responsif.

Berbagai persoalan di masyarakat yang menghambat kinerja pelayanan publik, dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Baca juga: 100 Hari Kerja Luthfi Yasin, 38 Program Tereksekusi dan 73 Teranggarkan 2025

Hal itu dikatakan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Siti Farida. Pihaknya memuji aksi cepat yang dilakukan Pemprov Jateng di bawah kepemimpinan Luthfi-Yasin, dalam merespon berbagai aduan dari masyarakat.

Di sektor pendidikan, dia menilai, Pemprov Jateng telah memberikan pelayanan yang baik. Seperti halnya kendala-kendala yang dihadapi calon siswa baru dalam proses SPMB 2025, bisa langsung ditindaklanjuti dan diselesaikan.

“Indikatornya sederhana, bahwa pengaduan-pengaduan yang paling banyak kami terima itu di pendidikan, tapi juga semuanya selesai dalam jangka waktu yang memang cepat,” katanya, seusai Diskusi Evaluasi 100 Hari Gubernur Jawa Tengah, di Kantor PW Muhammadiyah Jateng, Selasa (3/6/2025).

Di bidang infrastruktur jalan, Farida memuji aksi Ahmad Luthfi yang bergerak cepat dalam menangani persoalan jalan rusak di berbagai kabupaten/ kota saat mudik Lebaran 2025.

Di sektor ketenagakerjaan juga sama. Berbagai masalah tentang pemenuhan Tunjangan Hari Raya (THR) berhasil direspon dengan cepat. Pemprov Jateng mampu menjadi mediator antara buruh dan pengusaha dalam menyelesaikan pencairan THR.

“Ketenagakerjaan kemarin kita dapat momentum ketika pemenuhan hak-hak pekerja saat THR. Kami bersama dinas, kolaborasi dengan pengawas ketenagakerjaan, memastikan bahwa semua tenaga kerja itu mendapatkan THR-nya,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Farida, Pemprov Jateng saat ini juga mempermudah perizinan pendirian usaha. Bahkan aktif melakukan jemput bola, dengan membuka gerai pelayanan di kabupaten/ kota.

Lebih lanjut, Ombudsman Jateng mendorong tren positif di 100 hari kerja Ahmad Luthfi dan Taj Yasin ini bisa dipertahankan. Di sisi lain, perlu memperkuat kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/ kota.

“Besar harapan kami agar Pak Gubernur terus melanjutkan tren positif untuk kolaborasi, orkestrasi, dari kabupaten/kota. Kalau tidak ada kolaborasi, target-target yang ditentukan tidak selesai,” ungkap Farida.

Sementara, Ketua Tim Percepatan Pendapatan Daerah (TPPD) Jawa Tengah, Dr Zulkifli mengatakan, gaya kepemimpinan Ahmad Luthfi memang lebih menekankan pada action dan kinerja, bukan berorientasi pada viralitas dan personal branding.

Baca juga: Bandara Ahmad Yani Berstatus Internasional, Hasil Penting 100 Hari Kerja Luthfi Yasin

Ke depan pihaknya akan memperkuat pelayanan publik, dengan mengoptimalkan kanal aduan Lapor Gub yang buka 24 jam. Ketika ada masalah, publik dapat melapor sehingga bisa segera ditindaklanjuti.

Rencananya, Lapor Gub akan di-rebranding menjadi Call Center 24 Jam. Nantinya, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Jateng memiliki kanal aduan yang bisa diakses masyarakat luas.

“Konsepnya, yang pertama dia langsung fast respon waktu itu. Jadi misal jalan ini rusak nah maka Dinas PU ini akan menjawab, ini dianggarkan di tahun kapan, tahun ini, atau berikutnya atau seperti apa,” tandas Dr Zulkifli.(02)

Exit mobile version