
Semarang, Jatengnews.id – Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah melakukan monitoring Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) di SMAN 2 Semarang.
Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan bahwa ini merupakan hari ke 2 Ombudsman Jateng melakukan monitoring pelayanan panitia SPMB di satuan Pendidikan Kota Semarang.
Baca juga : Ombudsman Jateng Terima 44 Laporan Masyarakat
“Pada kesempatan ini, Ombudsman juga membuka gerai PVL On The Spot, harapannya apabila masyarakat mengalami permasalahan SPMB maupun substansi pelayanan publik lainnya yang
diduga terjadi Maladministrasi dapat disampaikan kepada Ombudsman,” katanya dikutip Kamis (12/06/2025).
Ia menjelaskan dari monitoring SPMB terpantau kendala yang ditemukan berupa perbedaan titik koordinat ataupun alamat.
Apabila Calon Murid Baru (CMB) mengalami hal tersebut maka yang harus dilakukan adalah pembatalan verifikasi lalu dilakukan pembetulan dan itu dilakukan sendiri oleh CMB.
“Pada tahap ini diinformasikan dari panitia bahwa pengajuan akun sampai dengan hari ini jam 12.00 WIB, untuk verifikasi sampai dengan pukul 15.30 W. I. B, dan untuk aktivasi akun sampai dengan pukul 22.00 WIB,” jelasnya.
Selain itu, terdapat temuan lainnya yang disampaikan oleh panitia pada saat verval piagam untuk jalur prestasi, dimana CMB menggunakan piagam paduan suara yang terbit tahun 2022, saat konfirmasi kepada CMB dijawab bahwa pelaksanaan lomba yakni saat masih duduk di Sekolah Dasar, dan dalam Piagam dengan penghargaan GOLD.
“Panitia hati-hati dan menelusuri informasi kejuaraan tersebut di website dan diketahui merupakan peringkat ke 3, jumlah yang mengikuti paduan suara tersebut sebanyak 20 siswa,” ujarnya.
Pihaknya menuturkan Ombudsman Jateng berharap kepada panitia verval piagam untuk teliti atas temuan panitia di SMA Negeri 2 ini, karena kita tidak tahu apakah Piagam ini lolos verifikasi di sekolah lain atau panitia, diperlukan verval atas piagam kejuaraan yang diajukan oleh CMB untuk memastikan memenuhi syarat atau tidak.
Baca juga : SPMB 2025/2026 Ombudsman Jateng Terima Sepuluh Laporan Keluhan
Sejauh ini, terpantau oleh Ombudsman Jateng, pelaksanaan SPMB tahap Pembuatan Akun, Verval, dan Aktivasi Akun di SMAN 2 Semarang berjalan baik dan lancar, dimana tersedia 8 loket meja layanan, 2 (dua) loket bantuan online, 1 (satu) meja layanan informasi atau pengaduan. (03)