Grobogan, Jatengnews.id – Bank Jateng bersama PT BPR BKK Purwodadi (Perseroda) resmi meluncurkan sistem Virtual Account (VA) dan Transfer Online Bank (TOB) yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di Kantor Bank Jateng Cabang Purwodadi, Selasa (29/4/2025).
Adapun, Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Bank Jateng dalam mendukung modernisasi sistem perbankan di wilayah Jawa Tengah, sekaligus memperluas inklusi keuangan, khususnya di daerah yang belum sepenuhnya terjangkau layanan digital.
Baca juga : Bank Jateng Wonosobo Sosialisasi 20 Bumdes Soal Agen Duta dan Samsat Budiman
Pemimpin Bank Jateng Cabang Purwodadi, Woro Handayani mengungkapkan bahwa pihaknya sangat bangga dapat berkolaborasi dengan PT BPR BKK Purwodadi dalam menghadirkan sistem Virtual Account dan Transfer Online Bank.
“Inovasi ini merupakan wujud komitmen Bank Jateng untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah, khususnya dalam mempermudah dan mempercepat proses transaksi perbankan. Kami percaya, dengan dukungan teknologi ini, masyarakat di Grobogan dan sekitarnya akan mendapatkan kemudahan akses layanan keuangan yang lebih modern dan aman,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Woro menjelaskan bahwa kerja sama ini juga menjadi langkah strategis dalam memperluas inklusi keuangan di daerah, sejalan dengan visi Bank Jateng untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Pelaksanaan sistem ini diawali dengan User Acceptance Test (UAT) pada 9 April 2025, di mana tim teknis dari kedua institusi melakukan pengujian menyeluruh terhadap sistem VA dan TOB. Pengujian tersebut mencakup berbagai skenario transaksi untuk memastikan sistem berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan kebutuhan operasional nasabah.
Setelah sukses dalam tahapan UAT, implementasi sistem secara resmi dilakukan pada Selasa, 29 April 2025, menandai dimulainya era baru layanan perbankan bagi nasabah PT BPR BKK Purwodadi (Perseroda). Melalui integrasi sistem VA, nasabah kini dapat melakukan berbagai jenis transaksi menggunakan nomor virtual account yang unik. Sementara itu, sistem TOB memungkinkan transfer antarbank secara real-time, cepat, dan efisien.
Bank Jateng, melalui penyediaan berbagai kanal layanan seperti teller, ATM, Bima Mobile, dan Agen Duta Laku Pandai, terus memperluas jangkauan layanan keuangan hingga ke wilayah-wilayah pelosok. Inisiatif ini tak hanya mendukung digitalisasi, tetapi juga menjadi bagian dari strategi inklusi keuangan yang menyasar masyarakat di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
Kolaborasi ini juga diapresiasi oleh Anita Fitriani Yusuf, S.E., Direktur Utama PT BPR BKK Purwodadi (Perseroda), yang menyebut implementasi VA dan TOB sebagai langkah strategis dalam memodernisasi layanan keuangan dan menjawab kebutuhan nasabah di era digital.
Langkah kolaboratif ini mempertegas posisi Bank Jateng sebagai motor penggerak digitalisasi layanan keuangan daerah serta mitra utama dalam mendorong transformasi sektor perbankan yang lebih adaptif dan responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. (03)