Beranda Ekonomi Semester I 2025, Penumpang KA Jarak Jauh Daop 4 Tembus 6,5 Juta...

Semester I 2025, Penumpang KA Jarak Jauh Daop 4 Tembus 6,5 Juta Orang

volume penumpang KA jarak jauh di wilayah Daop 4 mencapai 6.589.544 orang, naik 5% dibandingkan periode yang sama pada 2024 sebanyak 6.273.183 penumpang.

Pergerakan penumpang di stasiun. (Foto : Dok KAI)

SEMARANG, Jatengnews.id – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang mencatat pertumbuhan positif dalam kinerja angkutan penumpang pada Semester I tahun 2025.

Selama periode Januari hingga Juni, volume penumpang KA jarak jauh di wilayah Daop 4 mencapai 6.589.544 orang, naik 5% dibandingkan periode yang sama pada 2024 sebanyak 6.273.183 penumpang.

Baca juga : Periode Angkutan Lebaran KAI Daop 4 Semarang Layani 1 Juta Penumpang

Secara rinci, jumlah penumpang yang naik dari seluruh stasiun Daop 4 pada Semester I 2025 tercatat sebanyak 3.276.370 orang, meningkat 5% dibandingkan tahun lalu sebesar 3.115.519 penumpang. Sementara jumlah penumpang yang turun mencapai 3.313.544 orang, tumbuh 4,9% dari sebelumnya 3.157.664 penumpang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, mengungkapkan bahwa pencapaian ini mencerminkan performa layanan yang stabil dan menunjukkan tren positif dari waktu ke waktu. Hal ini sekaligus menjadi bukti tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi berbasis rel.

“Peningkatan volume penumpang ini sejalan dengan performa operasional yang semakin baik, terutama dalam aspek On Time Performance (OTP) untuk KA jarak jauh,” ujar Franoto.

Tercatat, OTP keberangkatan KA pada Semester I 2025 mencapai 99%, sedangkan OTP kedatangan mencapai 94%. Franoto menegaskan bahwa angka tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh elemen operasional KAI dalam menjaga ketepatan waktu dan keandalan perjalanan.

“Kinerja OTP yang tinggi adalah wujud sinergi dari berbagai aspek, mulai dari jadwal keberangkatan, kesiapan armada, pengelolaan prasarana, hingga respons cepat terhadap dinamika di lapangan,” tambahnya.

KAI Daop 4 juga terus mendorong inovasi dalam layanan. Beberapa terobosan digital yang mendukung peningkatan pengalaman pelanggan antara lain, Boarding Face Recognition, Fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI, Peningkatan sarana dan prasarana,Perbaikan fasilitas pelayanan di stasiun dan dalam perjalanan.

“Kami membangun ekosistem transportasi yang adaptif, berkelanjutan, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. Inovasi tidak hanya menghadirkan kemudahan, tetapi juga memperkuat loyalitas penumpang jangka panjang,” jelas Franoto.

Ke depan, KAI Daop 4 akan terus mempercepat transformasi layanan yang berbasis pelanggan (customer-centric), tanpa mengabaikan efisiensi sistem dan keunggulan operasional.

Baca juga : Sepanjang Semester I KAI Daop 4 Semarang Angkut 3 Juta Penumpang

“Kami menyadari bahwa kebutuhan mobilitas masyarakat terus berubah. Oleh karena itu, fokus kami tidak hanya pada angka pertumbuhan, tetapi juga pada peningkatan kualitas pengalaman perjalanan setiap pelanggan,” pungkasnya. (03)

Exit mobile version