SEMARANG, Jatengnews.id – transcosmos Indonesia (TCID) terus memperkuat eksistensinya di Tanah Air dengan meresmikan kantor cabang terbaru atau Customer Experience (CX) Square kedua di Semarang, yang berlokasi di kawasan strategis Semarang Town Square (Setos).
Ardi Sudarto, Vice President Director transcosmos Indonesia menjelaskan bahwa kehadiran fasilitas baru ini menjadi bagian dari ekspansi strategis perusahaan dalam menghadirkan layanan customer experience kelas dunia berbasis teknologi dan sumber daya manusia unggul.
Baca juga : Dokter Ingatkan Dampak Buruk Konsumsi Gula Berlebihan Pada Bayi
“CX Square Setos berkapasitas 600 seat ini menjadi fasilitas keempat milik TCID, setelah sebelumnya mengoperasikan CX Square di Jakarta, Yogyakarta, dan satu fasilitas lainnya di Semarang yang berlokasi di kawasan UTC, Gajahmungkur, dengan kapasitas 1.500 seat,” ujarnya, Kamis (24/07/2025).
Ekspansi ini memperkuat posisi Semarang sebagai salah satu pusat pertumbuhan utama TCID, dengan dukungan infrastruktur, ketersediaan SDM berkualitas, dan iklim bisnis yang kompetitif.
Peresmian CX Square Setos juga bertepatan dengan peringatan 12 tahun berdirinya transcosmos Indonesia, hasil kolaborasi antara transcosmos inc. Jepang dan PT Cyberindo Aditama (CBN). Sejak 2013, perusahaan telah berkembang menjadi penyedia layanan digital, contact center, dan business process outsourcing (BPO) terkemuka, dengan lebih dari 4.000 tenaga kerja profesional di berbagai wilayah Indonesia.
“Sebagai bagian dari inovasi terbaru, TCID juga resmi meluncurkan layanan Robotic Process Automation (RPA). Teknologi ini memungkinkan otomatisasi berbagai proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual, seperti input data, pemrosesan tagihan, pengajuan kredit, hingga pengelolaan payroll,” ujarnya.
Implementasi RPA terbukti mampu memangkas durasi proses secara signifikan—misalnya, proses pengajuan kredit yang semula memakan waktu 30 menit kini hanya membutuhkan 5–6 menit, dan proses payroll yang sebelumnya memakan waktu hingga satu minggu kini dapat diselesaikan dalam satu hari kerja.
RPA tidak hanya menghadirkan efisiensi waktu, tetapi juga meningkatkan akurasi, kepatuhan terhadap data, serta keamanan sistem. Teknologi ini dirancang untuk melengkapi peran manusia, bukan menggantikannya, dengan mendorong karyawan untuk fokus pada tugas yang lebih strategis dan bernilai tambah.
“Pembukaan CX Square kedua kami di Semarang adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk terus tumbuh bersama di Indonesia,” katanya.
“Kami tidak hanya memperluas kapasitas operasional, tetapi juga memperkuat fondasi kami dalam mengintegrasikan teknologi dengan peran manusia. Melalui layanan RPA, kami ingin membantu lebih banyak perusahaan bertransformasi menjadi lebih efisien dan kompetitif. Semarang adalah bagian penting dari masa depan TCID.” tambahnya.
Selama lebih dari satu dekade, TCID telah berkembang dari penyedia layanan contact center konvensional menjadi penyedia solusi digital terintegrasi yang mencakup omnichannel CRM, chatbot, AI voicebot, layanan konten digital, e-commerce support, dan kini RPA. Sejumlah penghargaan bergengsi seperti Platinum Winner untuk Contact Center Operations dan Silver Winner untuk Employee Engagement dari Indonesia Contact Center Association (ICCA) turut memperkuat posisi TCID sebagai pemain utama di industri CX dan BPO.
Baca juga : Perkuat Efisiensi Bisnis Transcosmos Padukan Keunggulan SDM dan Teknologi
“Dengan peresmian CX Square Setos dan peluncuran layanan RPA, transcosmos Indonesia menegaskan komitmennya untuk menjadi mitra strategis dalam transformasi digital nasional. Kota Semarang pun kini menjadi bagian penting dari langkah besar menuju masa depan layanan pelanggan yang inovatif dan inklusif,” katanya. (03)