29 C
Semarang
, 30 May 2024
spot_img

Perkuat Efisiensi Bisnis Transcosmos Padukan Keunggulan SDM dan Teknologi

Semarang, Jatengnews.id – Pengalaman pelanggan (Customer Experience atau CX) dan digital marketing merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi perusahaan di berbagai sektor.

Menurut laporan global dari Adobe di akhir tahun 2023 lalu, perusahaan yang memprioritaskan CX bisa mendapatkan 23% pelanggan lebih banyak dibanding perusahaan lain. Temuan ini menegaskan bahwa perusahaan semakin memprioritaskan CX, dan strategi untuk memperkuat CX menjadi semakin krusial dalam mempertahankan daya saing mereka.

Baca juga : Bank Indonesia Gelorakan Semangat Kartini untuk Ekonomi Jawa Tengah Semakin Maju

Perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID) yang berdiri sejak tahun 2013 dan berlokasi di Jakarta, Semarang dan Yogyakarta, secara konsisten hadir menyediakan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (CX) dan digital marketing yang menggabungkan keahlian SDM dan teknologi terbaru untuk membantu memaksimalkan potensi bisnis perusahaan.

Layanan  contact center, yang merupakan bagian penting dari CX, dan digital marketing TCID meliputi seluruh tahapan interaksi pelanggan bagi perusahaan, mulai dari pencarian calon pelanggan, konversi penjualan, hingga mempertahankan pelanggan. Sehingga, perusahaan tidak perlu menggunakan berbagai layanan dari vendor yang berbeda.

Di sektor layanan contact center, TCID mengembangkan teknologi dan menawarkan layanan fitur-fitur canggih seperti chatbot, talkbot, dan otomatisasi berbasis AI. Menurut survei yang dilakukan oleh Harvard Business Review, 73% pelanggan mengatakan bahwa waktu adalah aspek terpenting dalam memberikan pelayanan yang baik.

Oleh karena itu, penggunaan chatbot dan talkbot memungkinkan TCID untuk memberikan respon lebih  cepat dan efisien terhadap kebutuhan pelanggan. Penggunaan bot dalam proses ini juga memungkinkan TCID untuk mengelola data pelanggan lebih efisien dibanding manusia yang memiliki keterbatasan. Sementara otomatisasi AI dapat meningkatkan kualitas layanan dengan memprediksi kebutuhan pelanggan berdasarkan data historis.

Sebagai penyedia layanan bisnis digital yang holistik, TCID menjadi salah satu perusahaan CX pertama di Indonesia yang mengadaptasi platform pesan paling populer, WhatsApp, sebagai saluran pendukung dalam contact center.  Namun, disamping teknologi canggih yang ada, TCID masih memadukan sentuhan manusia dalam prosesnya.

Beberapa contoh penerapan tersebut adalah Contact center inbound dan outbound yang meliputi beberapa layanan, di mana dalam inbound contact center TCID berperan sebagai first layer support untuk setiap permintaan informasi yang masuk, menangani pelanggan yang mencari informasi, meminta bantuan, atau melaporkan masalah terkait produk atau layanan. Sebaliknya, outbound contact center melibatkan agen yang proaktif menghubungi pelanggan atau calon pelanggan untuk tujuan seperti penjualan, pemasaran, atau survei kepuasan pelanggan.

Vice President Director transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto mengatakan pihaknya percaya pengalaman pelanggan yang andal dapat menjadi fondasi dari kesuksesan bisnis. TCID memahami pentingnya integrasi teknologi dengan sumber daya manusia yang tepat untuk memastikan bahwa setiap interaksi dengan pelanggan tidak hanya berlangsung secara cepat dan efisien, tetapi juga terdapat analisis dan perencanaan melalui sentuhan manusia.

“TCID berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang menggabungkan teknologi terdepan dengan keahlian manusia yang andal.” katanya Rabu (24/04/2024).

Selain layanan contact center, TCID juga menyediakan solusi digital marketing secara holistik. Menurut proyeksi dari Statista, total pengeluaran iklan digital di Indonesia diperkirakan mencapai USD3 miliar pada tahun 2024. TCID membantu perusahaan memanfaatkan angka tersebut dengan menyediakan layanan digital marketing yang komprehensif, mulai dari perencanaan dan pelaksanaan kampanye digital advertisement, produksi konten yang menarik, manajemen media sosial, website development, customer engagement platform hingga layanan e-commerce.

Layanan digital marketing TCID ini terbukti mampu meningkatkan Return On Ad Spend (ROAS) perusahaan e-commerce lebih dari sepuluh hingga lima belas kali lipat.

Ardi Sudarto menambahkan, berbagai solusi inovatif TCID mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan dari berbagai industri, mulai dari telekomunikasi, FMCG, finance, otomotif, e-commerce, fintech, dan sebagainya.

Baca juga : Bank Mandiri Siapkan Net Kebutuhan Uang Tunai Rp31,3 Triliun Saat Ramadan dan Idul Fitri

“Dampak positif dapat terlihat mulai dari peningkatan efisiensi operasional, pengurangan biaya, hingga peningkatan penjualan. Melalui pendekatan secara holistik dalam CX dan digital marketing, kami membantu perusahaan memenangkan hati pelanggan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.” katanya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN