
PACITAN, Jatengnews.id – Kelompok 255 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan program bertajuk Membangun Desa BRILiaN di Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan.
Program KKN UNS ini berlangsung dalam dua periode dengan fokus pada penguatan kapasitas UMKM melalui branding, pemasaran digital, dan digitalisasi layanan.
Kegiatan pertama dilaksanakan pada Rabu (23/07/2025) di Balai Desa Sumberejo dengan tema “Branding UMKM untuk Peningkatan Pemasaran Produk”.
Fahmi (DKV UNS’22) memaparkan pentingnya branding, termasuk elemen logo, tipografi, warna, dan layout visual untuk menciptakan identitas produk yang menarik.
Baca juga: KKN UNS Adakan Program Visual dan Branding di Pecalungan Batang
Alfiyah (DKV UNS’22) menjelaskan strategi pemasaran digital melalui media sosial dengan menekankan algoritma, analisis perilaku konsumen, tren produk, serta pemanfaatan platform seperti Shopee, Tokopedia, Instagram, WhatsApp Business, hingga teknologi AI untuk ide penjualan.
Daffa (DKV UNS’22) melatih peserta membuat konten kreatif di media sosial, mulai dari editing video sederhana menggunakan CapCut, teknik unggah konten, hingga tips menulis caption yang menarik pelanggan.
Sesi kedua digelar pada Jumat (25/07/2025) dengan fokus digitalisasi UMKM.
Adzra (AN UNS’22) memberikan pelatihan membuat tag lokasi di Google Maps, sehingga usaha lebih mudah ditemukan calon pelanggan. Salah satunya, Selly (35), pemilik usaha buket bunga, berhasil langsung mempraktikkan pembuatan tag untuk tokonya.
Zafira (ITP UNS’22) menyampaikan materi tentang sistem pembayaran digital berbasis QRIS, menjelaskan manfaat transaksi non-tunai, termasuk keamanan dari uang palsu. Peserta juga dibimbing membuat QRIS untuk usaha mereka.
Baca juga: KKN UPGRIS Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aromaterapi di Demak
Hadirkan Tujuh Dusun
Kegiatan diikuti pelaku UMKM dari tujuh dusun di Desa Sumberejo, yakni Krajan, Secang, Karangturi, Karangrejo, Ngobyog, Kaligoro, dan Pagersari. Seluruh rangkaian acara berlangsung di Balai Desa mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.
Melalui KKN Tematik ini, UNS berkomitmen mendukung pengembangan UMKM desa dengan mengintegrasikan branding kuat, pemasaran digital efektif, serta teknologi layanan modern.
Diharapkan, kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam mewujudkan Desa Sumberejo sebagai Desa BRILiaN yang berdaya saing, mandiri, dan berkelanjutan secara ekonomi. (01).