29 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

PJ Gubernur Jateng Lantik 3 Kepala Daerah

Semarang, JatengNews.id – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik Yuli Hastuti sebagai Bupati Purworejo, Yasip Khasani (Pj Wali Kota Salatiga), dan Iwanuddin Iskandar (Pj Bupati Brebes).

Pj Gubernur Jateng Nana melantik serentak 3 kepala daerah di di Gedung Wisma Perdamaian (Wisper) Rabu (13/12/2023).

Pj Gubernur Jateng Nana menyampaikan tiga agenda yang harus dituntaskan, yakni, penurunan kemiskinan dan stunting, serta mengawal Pemilu damai 2024.

Nana menyebut, setiap kepala daerah harus mengutamakan pelayanan publik. Karena,  layanan adalah tugas pokok bupati/wali kota sebagai pelayanan rakyat. Selain itu, ia meminta kepala daerah yang baru dilantik, agar memaksimalkan penyerapan anggaran di akhir tahun.

“Percepatan layanan publik, penurunan stunting karena kita ditarget mampu menurunkan hingga 14 persen. Saat ini baru 20,8 persen. Juga penurunan kemiskinan ekstrem dan penurunan pengangguran,” ujarnya, seusai pelantikan, di Gedung Wisma Perdamaian (Wisper).

Menurut Pj Gubernur, pejabat yang dilantik perlu kerja keras dan kerja cerdas untuk menuntaskan persoalan tersebut. Selain itu, kolaborasi antarstakeholder perlu dijalin lebih erat, termasuk dengan kepolisian, TNI juga tokoh masyarakat.

Ia meminta pimpinan daerah yang dilantik, menjaga kerukunan warga. Jangan ada provokasi negatif, yang menyebabkan bibit-bibit perpecahan di antara warga.

“Jelang pilpres, pileg yang tinggal menyisakan beberapa bulan lagi, jaga stabilitas keamanan, situasi kondusif, koordinasi dengan Kapolres, Dandim, toga dan tomas. Gaungkan terus Pemilu damai ke masyarakat,” paparnya.

Nana kembali menekankan, agar para ASN  menjaga netralitas menjelang Pemilu 2024. Ditegaskan, semua abdi negara tidak terafiliasi dengan partai politik maupun pasangan calon.

“Imbau ASN menggunakan media sosial secara bijak. Di era digitalisasi, banyak hoaks dan hate speech, juga upaya provokasi negatif. Saya harap bimbing masyarakat hingga tingkat bawah, ajak kades, lurah, libatkan babinsa, bhabinkamtibmas, melakukan bimbingan,” imbuhnya.

Lantik TP PKK

Pada kesempatan itu, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Shinta Nana Sudjana melantik Ketua TP PKK Purworejo Erna Setyowati, Pj Ketua TP PKK Brebes Dewi Ika Ningsih, dan Pj Ketua TP PKK Kota Salatiga Anita Noviana.

Nana Sudjana berpesan, kader PKK turut andil dalam menyukseskan program pemerintah. Oleh karena itu, ia meminta kader melaksanakan 10 program pokok PKK, untuk mengentaskan berbagai persoalan di akar rumput.

“Saya minta kepada Ketua PKK melakukan langkah penurunan angka tersebut. Juga aktif terjun ke masyarakat dan ajak ibu-ibu implementasikan 10 program pokok PKK, untuk kesejahteraan keluarga,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Pj Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana. Ia berharap agar ketua PKK yang baru dilantik, melaksanakan tugas tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab. (adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN