34 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

Duathlon Sindoro Sumbing Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi Wonosobo

Wonosobo, JatengNews.id – Pagelaran Sindoro Sumbing Duathlon 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Wonosobo pada Sabtu, 17 Desember 2023.

Pagelaran Sindoro Sumbing Duathon diyakini mampu mendongkrak pariwisata dan ekonomi daerah setempat.

Duathlon Sindoro Sumbing #4 merupakan event tahunan yang menggabungkan dua cabang olahraga, yaitu bersepeda dan lari. Total jarak yang ditempuh sepanjang 30 kilometer, dengan rincian lari sejauh 10 kilometer dan bersepeda 20 kilometer.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menjadi salah satu peserta Sindoro Sumbing Duathlon 2023. Bersama sekitar 57 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, mereka berlari dan bersepeda melintasi Perkebunan Teh Blembem Kretek, Wonosobo.

Sumarno mengatakan, Duathlon Sindoro Sumbing merupakan ajang olahraga kebugaran dan hiburan. Perhelatan sport tourism yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan itu, diharapkan menarik wisatawan dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Rutenya sangat menarik di areal perkebunan teh. Ini menjadi bagian dari sport tourism. Saya ingin kedepan ini lebih besar lagi,” ujar Sumarno yang mampu menembus finish dengan catatan waktu 1.37.

Event ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, meliputi Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan provinsi lainnya. Bahkan,  atlet Duathlon Sea Games Sedilta Pilon Nubatonis, M Fauzan dari Pelatda Jateng, dan sejumlah atlet nasional turut menyemarrakan Duathlon Sindoro-Sumbing.

“Pesertannya banyak juga para atlet, sehingga ini menjadi media untuk latihan. Mudah-mudahan dengan latihan seperti ini dapat menghasilkan atlet-atlet yang mengharumkan Jawa Tengah dan Indonesia,” harap Sumarno.

Sumarno berharap, kedepan kegiatan yang diselenggarakan Pemprov Jateng, Pemkab Wonosobo, Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jateng, dan stakeholder terkait ini diperisapkan lebih baik lagi. 

Hal yang perlu didorong lagi adalah penyiapan jalur yang akan dilalui peserta dibuat lebih nyaman dan aman. Selain itu, kegiatan ini bisa dipadukan dengan event wisata lain di Wonosobo. 

Duathlon Sindoro-Sumbing ditutup dengan penyerahan medali dan hadiah kepada para pemenang. Hadiah diserahkan oleh Sekda Jateng didampingi Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dan Forkopimda setempat.

Para pemenang terbagi empat kategori, yakni sprint putra/putri, relay, TNI/Polri, dan usia di atas 35 tahun. (adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN