31 C
Semarang
, 13 April 2024
spot_img

Dua Tanggul Jebol Lagi, Ribuan Warga Demak Mengungsi

Semarang, Jatengnews.id – Dua tanggul di Demak Provinsi Jawa Tengah (Jateng) kembali jebol ribuan warga terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

Sebelumnya, banjir sudah melanda beberapa titik di wilayah Demak pada Rabu (13/3/2024) malam hingga puncaknya pada Minggu (17/3/2024) dini hari air semakin tinggi karena tanggul di Sungai Wulan Jebol.

Baca juga: Banjir Kota Semarang Mulai Surut, Trimulyo Titik Terparah

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, luasan tanggul jebol tersebut mencapai 25 meter dan satunya 30 meter.

“Jadi jebolnya kemarin itu di tempat yang sama (sebelumnya pernah jebol), yang dulunya jebol sekitar 20 meter sekarang jadi 25 meter, yang satu sekitar 30 meter,” ujarnya Senin (18/3/2024).

Akibatnya, wilayah Karangannya yang menjadi titik tanggul jebol tersebut terendam air hingga dampak airnya sampai ke wilayah Demak Kota.

“Yang di Demak sekitar 5000 pengungsi, ini naik terus 60 aentimeter (kondisi airnya), sekarang sekitar 5100 untuk pengungsi (naik dibanding kemarin),” sebutnya jumlah pengungsi dan ketinggian air.

“Tapi ini dari kemarin sudah diupayakan dan dalam wakru dekat akan segera ditutup kembali,” imbuhnya.

Baca juga: PLN UP3 Semarang Gandeng IZI Jateng Beri Bantuan Banjir Semarang dan Kendal

Bahkan, Nana juga berencana melakukan evaluasi tanggul-tanggul yang jebol tersebut dan bakal melakukan perbaikan secara bertahap.

“Kami pun sudah menyiapakan evakuasi, posko kesehatan kita standby kan terus, sampai tanggal 20 Maret 2024. Selain itu, TMC tetap dilakukan dalam rangka merekayasa cuaca tapi kami kesiapsiagaan dan tentunya masalah kesiapan bantuan-bantuan pada masyarakat,” tandasnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN