29 C
Semarang
, 14 April 2024
spot_img

Tips Penuhi Asupan Cairan Selama Puasa di Bulan Ramadan

Jakarta, Jatengnews.id – Dosen di Departemen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Nurul Dina Rahmawati, S.Gz., M.Sc, memberikan penekanan mengenai pentingnya menjaga kecukupan hidrasi tubuh selama berpuasa.

“Saya berharap masyarakat bisa lebih sadar lagi dalam pemenuhan gizi seimbang, tidak lagi hanya memperhatikan karbohidrat dan protein, tapi juga buah dan sayur, beraktivitas fisik, minum air putih yang cukup dan mengelola stress,” jelas Dina dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Senin (18/03/2024).

Baca juga : Panganan Jemunak dan Filosofi Nikmatnya Berpuasa Ramadan dari Magelang

Lebih lanjut, Dina menyoroti bahwa sering kali status hidrasi menjadi hal yang terabaikan selama berpuasa.

“Meskipun sedang berpuasa, kita tetap perlu memastikan asupan air minum yang cukup, sekitar 8 gelas per hari, yang dapat dipenuhi pada saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur,” tambah Dina.

Ustadz Hafiz Kurniawan menekankan bahwa bulan Ramadan seharusnya menjadi momen untuk membangun kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sosial.

Baca juga : Banyak Aksi Bagi Takjil Saat Ramadan Pemkot Semarang Minta Masyarakat Tak Ganggu Lalu Lintas

“Ramadan harus menjadi pendorong bagi kita untuk membangkitkan kembali kesadaran yang terkadang terlupakan, seperti kesadaran terhadap lingkungan, sosial, dan kesehatan,” jelasnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN