26 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro Siapkan Pengamanan Lebaran 2024

Magelang, Jatengnews.id – Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro persiapkan operasi Ketupat Candi atau pengamanan Lebaran Idulfitri 2024.

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, kegiatan rapat lintas sektoral di Hotel Artos Kabupaten Magelang ini, sebagai bentuk sinergitas antara TNI Polri dalam menyambut arus mudik serta balik pada Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Baca juga: Stabilkan Harga Jelang Lebaran, Pemprov Jateng Gelar Pasar Murah Ramadhan

“Operasi Keupat Candi 2024 akan melibatkan sebanyak 12.506 personil gabungan TNI Polri dan stakeholder terekait,” ucapnya Kamis (28/3/2024).

Adapun pembagiannya, nanti para personil bakal dibagi dalam 196 Pos yang telah tersedia dengan spesifikasi pos pengamanan, pelayanan dan terpadu.

“Kita juga siapkan Tim Strong Point yang terdiri dari Satlantas, Samapta dan TNI. Tim ini bergerak secara mobile untuk antisipasi kemacetan dan menciptakan Kamseltibcarlantas,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang juga di hadiri Pangdam IV Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi dan jajarannya tetsebut, juga membahas antisipasi peredaran petasan  hingga pengawasan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

“Semua itu sebagai upaya menciptakan kestabilan harkamtibmas serta menjamin kelancaran, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam ibadah puasa dan saat arus mudik Lebaran 2024,” paparnya.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Mudik Lebaran

Disebutnya, dalam rakor ini juga digelar tactical floor game untuk memetakan permasalahan dan solusi pengaturan arus lalu lintas pada mudik lebaran. Mengingat  193 juta warga diperkirakan akan masuk ke wilayah Jateng pada masa mudik mendatang

“Tactical floor game mensimulasikan solusi terhadap permasalahan lalu lintas yang terjadi di jalur tol, jalur tengah maupun jalur selatan – selatan. Sehingga nanti bila terjadi lonjakan arus kita sudah siap,” tandasnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN