34 C
Semarang
, 20 July 2024
spot_img

DPR Usul Tarif Jalan Tol Gratis Seperti di Malaysia

Jakarta, Jatengnews.idKetua Komisi X DPR RI, Lasarus mempertanyakan tarif tol saat momen Lebaran Idul Fitri 2024 tidak langsung digratiskan.

“Ada hal baru ya, hari ini di mana tol memberikan diskon, tadi kita juga minta, ‘bisa nggak sih digratisin sekalian? Sanggup nggak teman-teman?’ Terus dari Pak Menteri bilang, ‘kalau digratiskan betul khawatir nanti stuck di tolnya’,” kata Lasarus dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Rabu (03/04/2024).

Baca juga : Daftar Ruas Jalan Tol yang Dapat Diskon hingga 20 Persen Saat Mudik Lebaran 2024

Lasarus kemudian membandingkan dengan kebijakan di Malaysia yang memberi gratis ruas jalan tol selama dua hari. Sementara di Indonesia, Lasarus mengatakan ada diskon jalan tol selama 6 hari.

“Kemudian untuk tahun ini memang kalau betul 190 sekian juta orang bergerak ini tantangan bagi pemerintah. Kami dari DPR berharap stakeholder dengan pemerintah sudah bilang ke teman-teman angkutan transportasi betul-betul bisa bekerjasama dengan baik,” tuturnya.

“Ini tantangan yang menurut saya luar biasa yang kita hadapi mudik dan balik lebaran,” lanjut Lasarus.

Seperti diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada sejumlah ruas jalan tol yang diberi diskon selama mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

Hal tersebut disampaikan Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

“Terima kasih dan alhamdulillah kepada Asosiasi Tol Indonesia yang telah menginisiasi memberikan diskon tol kepada ruas-ruas jalan tol. Ini kami sebutkan masing-masing karena juga masing-masing punya BUJT sendiri,” kata Basuki.

Basuki mengatakan pihak pengelola tol memberikan diskon hingga 20 persen bagi masyarakat saat momen mudik Lebaran. Dia menyebut diskon tersebut berlaku di ruas jalan tol yang ada di Jawa dan Sumatera.

“Diskon yang diberikan Trans Jawa ini adalah 20 persen dan jalan tol Trans Sumatera yaitu masing-masing juga 20 persen,” imbuhnya.

Baca juga : Kapolda Jateng Pantau Kesiapan Jalan Tol Jelang Arus Mudik

Berikut daftar ruas jalan tol yang diberi diskon:

1. Tol Tangerang-Merak

2. Tol Jakarta-Cikampek

3. Tol Jakarta-Cikampek Elevated (MBZ)

4. Tol Cikopo-Palimanan

5. Tol Palimanan-Kanci

6. Tol Kanci-Pejagan

7. Tol Pejagan-Pemalang

8. Tol Pemalang-Batang

9. Tol Batang-Semarang

10. Tol Semarang ABC

11. Tol Jombang-Mojokerto

12. Tol Indralaya-Prabumulih

13. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN