28 C
Semarang
, 29 May 2024
spot_img

Sepekan Sulawesi Utara Diguncang 85 Kali Gempa

Jakarta, Jatengnews.id – BMKG ungkapkan wilayah Sulawesi Utara diguncang gempa sebanyak 85 kali selama sepekan terakhir.

“Gempa tersebut tersebut terekam selama periode 5-11 April 2024, satu kejadian gempa bumi dirasakan di Laut Maluku,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Muhammad Zulkifli katanya dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Sabtu (13/04/2024).

Baca juga : Gempabumi 6,5 Magnitudo Guncang Perairan Tuban Jawa Timur Getarannya Sampai Semarang

Berdasarkan kekuatannya (magnitudo), sebanyak 62 gempa bumi yang terekam berkekuatan antara magnitudo 3.0 hingga magnitudo 4.9.

Berikutnya, sebanyak 22 gempa berkekuatan kurang dari magnitudo 3.0 dan satu kali gempa terekam berkekuatan lebih dari magnitudo 4.9.

Selanjutnya, berdasarkan kedalaman sebanyak 64 gempa tercatat berkedalaman dangkal, antara satu hingga 60 kilometer (lingkaran merah).

Sementara itu, sebanyak 21 gempa bumi berkedalaman menengah antara 61-300 kilometer (lingkaran kuning) dan tidak ada gempa berkedalaman dalam lebih dari 300 kilometer (lingkaran hijau).

Dia mengatakan, apabila melihat dari peta sebaran, kejadian gempa bumi tersebar di area Teluk Tomini dan Laut Maluku hingga ke Kepulauan Talaud.

Sepekan sebelumnya, Stasiun Geofisika Manado merekam sebanyak 61 kali gempa bumi yang melanda wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Baca juga : BMKG Minta Pemudik Pantau Informasi Cuaca Sebelum Mudik Idul Fitri

Berdasarkan magnitudo-nya, tercatat sebanyak 39 gempa bumi merupakan gempa dengan kekuatan magnitudo 3,0 hingga magnitudo 4,9, sebanyak 20 gempa berkekuatan kurang dari magnitudo 3.0 dan dua kali gempa berkekuatan lebih dari magnitudo 4.9 skala. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN