28 C
Semarang
, 25 May 2024
spot_img

Larung Sesaji Kepala Kambing Meriahkan Tradisi Syawalan di Demak

Demak, Jatengnews.id – Sebagai ungkapan syukur atas limpahan rezeki yang diberikan Allah SWT, warga Desa Bungo, Kecamatan Wedung melaksanakan tradisi syawalan dan sedekah laut, dengan melarung sesaji, berupa kepala kambing, Rabu (17/4/2024).

Panitia sedekah laut dan syawalan Desa Bungo, Sutriman mengatakan, pada prosesi sedekah laut warga melarung satu ekor kepala kambing kendit.

Baca juga : Berlangsung Meriah Pelarungan Kepala Kerbau di Jepara Sedot Animo Masyarakat

“Hanya kepalanya saja yang dilarung, sementara dagingnya di gunakan untuk acara selamatan warga yang dilaksanakan malam ini (17/4/2024),” kata Sutriman.

Sedekah laut di Kabupaten Demak. (Foto : Ist)

Untuk lokasi pelarungan, lanjutnya, dilaksanakan di tengah laut yang akan menempuh jarak tiga kilometer.

“Lokasinya tepat di tengah laut. Nanti setelah acara pembukaan ini, kepala kambing akan di taruh di perahu kecil yang terbuat dari batang pohon pisang untuk di larung,”jelasnya.

Kepala Desa Bungo Imam Wahyudi menyampaikan, adapun rangkaian acara kegiatan sedekah laut dan syawalan meliputi manaqib, acara pembukaan syawalan, larungan, pentas seni, serta selamatan bersama seluruh warga Desa Bungo.

Sementara itu Bupati Demak Eisti’anah menejalaskan bahwasannya dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan dampak yang baik pula bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi warga sekitar yang ikut serta ramaikan jalannya kegiatan dengan menjajakan beraneka ragam produk olahan desa setempat.

Baca juga : Jadwal Lengkap Tradisi Syawalan di Kaliwungu Kendal Banyak Hiburan Menarik Sampai Akhir Bulan

“Syawalan yang kali ini dilangsungkan di lingkungan warga Desa Bungo yang bersinergi dengan Dinas Pariwisata Demak patut diapresiasi baik. Adanya kegiatan yang berlangsung tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri ini merupakan upaya pelestarian bersama suatu budaya kearifan lokal yang diharapkan mampu dikenal dan diketahui hingga kancah nasional.”kata Eisti’anah. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN