31 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

Jadwal Lengkap Tradisi Syawalan di Kaliwungu Kendal Banyak Hiburan Menarik Sampai Akhir Bulan

Kendal, Jatengnews.id – Syawalan adalah tradisi setelah hari raya Idul Fitri yang biasanya diakhiri dengan acara halal bi halal antar keluarga, tetangga, dan masyarakat lainnya.

Tujuan dari kegiatan syawalan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, meningkatkan kebersamaan, dan memperkuat hubungan sosial di masyarakat.

Baca juga : Bupati Kendal Ramaikan Bursa Pilgub Jateng

Tradisi Syawalan di Kabupaten Kendal sangat dinantikan oleh masyarakat. Pasalnya tradisi keagamaan menampilkan berbagai kegiatan yang mengangkat kearifan lokal.

Seiring berjalannya waktu tradisi Syawalan di Kaliwungu tidak sebatas merayakan haul kiai guru dengan melakukan tahlil ke makam KH Asy’ari, tapi juga ke makam ulama lainya dan tokoh sejarah seperti Sunan Katong, Pangeran Mandororejo, Pakuwojo, bahkan hingga mendatangi kompleks pemakaman bupati Kaliwungu.

Tradisi Syawalan ini, kini juga menjadi pasar malam. Bahkan tradisi ini bukan lagi milik masyarakat Kaliwungu, tetapi sudah menjadi milik khalayak ramai. Tradisi Syawalan juga menjadi berkah bagi para pedagang musiman di Kaliwungu.

Kegiatan Syawalan 1445 Hijriah tahun 2024, dibuka secara resmi ritual haul dengan Tahlil Akbar Ulama Umaro dan masyarakat di kompleks makam KH Asy’ari atau Kiai Guru di Desa Protomulyo Kaliwungu, Senin 15 April 2024.

Selanjutnya di hari Selasa 16 April 2024 dilakukan khataman Al Qur’an setelahnya yang paling menarik ada lomba kreasi 1.000 ketupat dan malam Al Muqorrobin.

Tanggal 17 April 2024 sebagai puncak acara ada malam Al Hidmah.

Tanggal 20 April 2024 penampilan Legend Voice dengan membawakan tembang kenangan

Tanggal 21 April 2024  penampilan rebana Ustamaniyah dan ibu-ibu Fatayat

Tanggal 22 April 2024 Fashion Show Muslimah dan pentas seni

Tanggal 23 April 2024 penampilan band K -Sesion tribute to Kla Project

Tanggal 25 April penampilan Rebana Al Irfani

Tanggal 26 April penampilan Voice Memories

Tanggal 27 April penampilan MNC Mutik Nida.

Baca juga : Cegah Tawuran Remaja Pemkab Kendal Perkuat Sinergi dengan TNI-Polri

Tanggal 28 April penutupan dengan penampilan Om Malaya 12. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN