28 C
Semarang
, 31 May 2024
spot_img

Berikan Kontribusi Tingkatkan Kualitas Animasi Si Warik Udinus, Sultan Ghozali Berikan Alat Motion Capture

Semarang, Jatengnews.id – Tingkatkan kualitas di Program Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Sultan Gustaf Al Ghozali berikan hibah alat motion capture. Alat tersebut nantinya  mampu menghasilkan gerak dari karakter animasi  seperti ‘Si Warik’ agar lebih terlihat realistis

Motion Capture yang dihibahkan oleh Ghozali itu, bernama ‘Rokoko Smart Suit Pro II’ dan ‘Rokoko Smart Glove’. Kedua alat yang memiliki harga total harga 56 juta merupakan alat yang diproduksi oleh perusahaan Rokoko asal Denmark. Pada alat Rokoko Smart Suit Pro II, memiliki banyak sensor yang tersebar mulai dari bahu hingga telapak kaki. Melalui sensor yang disematkan pada alat itu, gerak dari pengguna dapat terbaca secara nyata dan dapat diimplementasikan pada karakter animasi.

Baca juga : Jago Karate Wisudawati UDINUS Berprestasi di Kancah Internasional

Sementara itu, Rokoko Smart Glove membaca gerak tangan dari pengguna seperti mengepal, mengayun, melambai dan gerak tangan lainnya. Smart Suit Pro II dan Rokoko Smart Glove terhubung dengan komputer yang telah terpasang software perekam gerakan melalui jaringan wifi. Sebagai informasi, motion capture sendiri merupakan teknologi yang merekam gerakan secara realistis dari model manusia ke dalam dunia digital dua dimensi maupun tiga dimensi.

Pada wawancaranya, alumni Udinus yang terkenal dengan foto selfienya di NFT, Ghozali menjelaskan  dirinya menghibahkan Rokoko  Smart Suit Pro II dan Rokoko Smart Glove agar dapat mengoptimalkan kualitas animasi di Program Sarjana Terapan Animasi Udinus. Selain itu, mampu meningkatkan kemampuan dari para mahasiswa untuk mendalami dunia animasi.   

“Menggunakan alat ini, dalam pembuatan sebuah animasi bisa membuat gerak dari karakter animasi lebih praktis dan cepat. Kalau secara manual itu harus gambar satu per satu jadi memakan waktu cukup lama,” jelasnya dikutip Jumat (03/05/2024).

Penyerahan Rokoko Smart Suit Pro II dan Rokoko Smart Glove diserahkan langsung oleh Ghozali kepada Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom. Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus Dr. Abdul Syukur, turut mendampingi dan menyaksikan penyerahan tersebut. Turut hadir pula Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si., Wakil Rektor II Bidang Umum & Keuangan, Dr. GuruhFajar Shidik, S.Kom., Wakil Rektor III Bidang  Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, MM serta Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, S.Kom., M.Kom.

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., dengan adanya hibah yang diberikan oleh alumni dari Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, diharapkan ‘Si Warik’ maupun animasi Udinus lainnya mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Terima kasih atas support yang luar biasa yang diberikan oleh alumni-alumni Udinus salah satunya dari Ghozali. Hibah ini sangat berguna untuk media pembelajaran bagi mahasiswa di Udinus dan semoga proses pembuatan animasi dapat lebih cepat,” kata Rektor Udinus, saat diwawancara mengenai hibah alat motion capture.

Baca juga : Udinus Ciptakan Sibiling, Jawaban Dari Permasalahan Guru BK di Indonesia

Di akhir sesi, terdapat juga penandatanganan perjanjian kerja sama antara FIK Udinus dengan Yamaha Motor Indonesia. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN