27 C
Semarang
, 31 May 2024
spot_img

Fenomena Heatwave Cuaca yang Diduga Bikin Indonesia Makin Panas

Jakarta, Jatengnews.id – Tidak sedikit yang menduga bahwa Indonesia terdampak heatwave yang sedang dialami beberapa negara. Untuk tahu  apa itu heatwave, mari cermati penjelasan lengkapnya.

Heatwave sendiri merupakan istilah untuk menyebut gelombang panas, atau serangan cuaca ekstrem yang ditandai dengan peningkatan suhu udara dan berlangsung selama lebih dari 5 hari berturut-turut. Ini mengapa, banyak orang yang menganggap heatwave sedang terjadi di Indonesia.

Baca juga : Waspada Cuaca Panas Menyengat Sampai 5 Mei 2024

Namun demikian dijelaskan oleh BMKG, heatwave sendiri saat ini terjadi pada beberapa wilayah negara dengan lintang menengah dan tinggi, seperti Tiongkok, India, dan Thailand. Dari sisi ini, Indonesia tidak termasuk dalam wilayah yang mengalami hal tersebut.

BMKG kemudian melanjutkan bahwa cuaca panas yang dialami Indonesia dipicu karena gerak semu Matahari yang membuatnya seolah bergerak naik ke Utara dan turun ke Selatan. Tanda yang paling jelas adalah tingginya intensitas radiasi matahari sebab awan yang menghalanginya sangat minimal.

Meski demikian, tetap dianjurkan memahami apa penyebab dan bahaya dari fenomena heatwave itu sendiri.

Mengacu pada beberapa situs kesehatan, dinyatakan bahwa heatwave dapat membawa dampak buruk pada tubuh seseorang. Dampaknya antara lain adalah sebagai berikut.

Dehidrasi, gejala heatwave ini dapat terjadi karena tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak dibandingkan dengan cairan yang masuk.

ISPA, kondisi ketika adanya infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan karena sistem imun perlu beradaptasi dengan perubahan suhu drastis, sehingga fungsinya berkurang.

Masalah kulit, memicu kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat lebih banyak sebagai bentuk usahanya mempertahankan suhu tubuh normal.

Gangguan mental, heatwave dapat pula mengganggu fungsi kognitif serta membuat tubuh terasa lemas.

Baca juga : Tiap Tahun 47 Juta Perempuan Alami Menopause

Heatstroke, adalah jenis hipotermia yang menandai kondisi darurat medis sebab memicu kerusakan sistem saraf hingga koma dan dapat berpotensi menimbulkan dampak fatal seperti kematian. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN