34 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

Persiapan PON XXI Aceh Sumut, IPSI Jateng Siap Targetkan 6 Emas

Semarang, Jatengnews.id – Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jateng siap lampaui target medali emas pada PON XXI Aceh Sumut 2024.

Sekum IPSI Jateng Kuncoro Dwi Wibowo mengatakan bahwa target yang diberikan oleh KONI Jateng yakni 3 medali emas. Namun, melihat data dari atlet yang dimiliki, pihaknya optimis mampu melampaui target tersebut dengan meraih 6 medali emas.

Baca juga: KONI Jateng Pantau Pelatda, Panjat Tebing Target Lima Emas

“Kita menargetkan lebih dari itu memang, karena kita dapat atlet prioritas itu ada 6. Dengan adanya hal itu. paling tidak ya 6 medali emas pasti kita raih,” ungkapnya, Selasa (7/4/2024).

Untuk persiapan PON XXI Aceh Sumut ini, program sentralisasi udah digelar sejak Januari 2024. Sedangkan atlet yang lolos babak kualifikasi itu total sebanyak 20 orang, untuk pelatih  itu ada 4 orang dan asistennya 2 ditambah manajer.

“Sebenarnya atlet itu ada 21 orang, cuma kita ada yang double satu jadi total 20 orang. Jadi kita mengembalikan kuota satu, karena ada yang dobel satu di nomor seni. Kebetulan di kami dapat kuota pelatih itu 4 orang, asistennya 2, ada manajernya juga. Total keselurhan ada 26 yang sentralisasi sejak januari sampai saat ini,” bebernya.

Mengenai tempat latihan, dirinya menyebut cabor pencak silat dilakukan sentralisasi dan mess utamannya berada di Graha Wiyata Patemon Gunungpati.

Karena baru masuk pra kompetisi untuk program latihanya, lanjutnya, pagi dan sore dan dilakukan juga di GOR Jatidiri dan sekitaran Unnes.

“Jadi berpindah-pindah, apalagi latian fisik itu, tidak harus di dalam ruangan kita kan harus keluar ruangan. Tidak tentu tergantung agenda latihannya. Untuk jadwal latihannya, setiap hari senin-sabtu pagi restnya di sabtu sore – minggu. Kita kan pake perbandingan 5:1, 5 kali latihan satu kali rest. Itu dihari rabu sore kita rest, kamis pagi kita latihan lagi,” ucapnya.

Disinggung mengenai jadwal Try Out, dirinya menambahkan bahwa rencanannya akan dilakukan di Malang Jatim pada (2/7/2024), kemudian akan dilanjutkan Traning Camp di luar negeri yakni di Malaysia selama 3 minggu.

Baca juga: KONI Jateng Gelar Halal Bihalal, Mantan Rektor Undip Jadi Penceramah

Sebelum try out, dirinya juga menyebut akan dilakukan Try In pada tangal (2/6/2024).

“Sementara sudah deal di Malang pada 2 Juli, setelah itu kita juga training camp ke luar negeri ke malaysia rencananya. Karena peraturan pertandingan pencak silat ini kan baru, negara yang dominan untuk uji coba yakni adalah Malaysia dan Singapura. Makanya kita akan uji coba sekaligus training camp di sana sekitar 3 minggu setelah dari Malang, tepatnya itu dimulai tanggal 8 Juli. Harapannya, di sana setiap minggu bisa latih tanding dengan atlet-atlet daerah Malaysia,” pungkasnya.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN