33 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

Kick Boxing Jateng Targetkan 3 Emas di PON Aceh Sumut

Semarang, Jatengnews.id – Kick Boxing Jateng targetkan tiga emas pada PON XXI Aceh Sumut 2024. Saat ini Pengprov KBI (Kick Boxing Indonesia) Jateng telah menggelar Pelatda sejak April 2024.

Pelatda Kick Boxing Jateng diikuti sebanyak 17 atlet, terbagi di dua Kota Semarang ada 10 atlet, dan Kota Solo 7 atlet, yang didampingi empat pelatih.

Ketua Umum Pengprov KBI Jateng, Eko Firli menjelaskan, para atlet kick boxing Jateng berlatih Senin sampai Sabtu, dengan kombinasi fisik, gym, dan teknik.

Baca juga: KONI Jateng Serahkan SK Tuan Rumah Porprov Jateng 2026

Jadwal latihan Senin dan Rabu tiga kali yakni , pagi fisik, siang gym, sore teknik. Selasa, Kamis, dan Jumat dua kali, pagi fisik sore teknik. Sedangkan Sabtu pagi hari latihan ringan, siang sampai Minggu istirahat.

“Meski pada Pra PON 2024 lalu dapat sembilan emas, tapi target kami pada PON mendatang tiga medali emas,” katanya ditemui di tempat latihan atlet Pelatda Kick Boxing Jateng di Rambo 4294 Kota Semarang, Senin (13/5/2024).

Target tiga medali emas itu, antara lain dari fighter Aziz Calim kelas 63 Kg lowkick putra peraih medali emas SEA Games Kamboja dan Firman Muharam kelas 71 Kg lowkick putra peraih medali perak SEA Games Kamboja, nomor point figting putri.

“Tapi tidak menutup kemungkinan, insya Allah, ya berdoa bersama bisa dapat lima medali emas pada PON mendatang. Dua emas dari Alfiandi dan Dwi Retno,” tambahnya.

Sedangkan untuk lawan terberat, dia menyebut  DKI Jakarta dan tuan rumah Sumatera Utara (Sumut). Meski demikian dia telah melakukan langkah antisipasi kemungkinan masalah non teknis, karena kepengurusan Kick Boxing pusat didominasi oleh DKI Jakarta sehinga kemungkinan bisa menjadi jadi konspirasi.

“Ada pengurus Kick Boxing Jateng terlibat di PON jadi wasit. Kita harus benar-benar jeli terhadap DKI Jakarta,” ujarnya.

Pada eksebisi PON 2021 di Papua, kontingen kick boxing Jateng meraih juara umum dengan 3 emas 2 perak, 3 perunggu. Salah satu emas diraih Alfiandi.

“Ini merupakan PON perdana bagi cabang olahraga kick boxing. Saya optimitis dapat tiga emas, yang harus diwaspadai DKI Jakarta dan Sumut,” ujarnya.

Para atlet kick boxing Jateng  didominasi mahasiswa dan pelajar paling senior usia maksimal 27. Para atlet hasil pembinaan Jateng, tak ada bajakan dari luar daerah. Meraka berasal dari Kota Semarang, Solo, Magelang, Grobogan, Salatiga.

“Persiapan atlet secara keselurahan bagus tak ada masalah, memang ada beberapa yang over berat badan, tapi bisa dikendalikan. Didampingi dokter,” ujarnya.

Untuk dukungan dari KONI Jateng, Firli menyatakan bagus, yang dibutuhkan didukung meski belum bisa sepenuhnya.

“Termasuk untuk dana pelatda tak ada masalah. Kami juga mendapatkan dukungan dari sponsor,” katanya.

Sementara, pelatih kick boxing Jateng, Johan Mulya Legowo menyatakan persiapan tidak ada kendala, setelah pra PON langsung lanjut lakukan pelatda.

“Target tiga emas masuk akal, karena materi dan pengalaman atlet. Kalau lancar bahkan bisa lima emas, terkadang non teknik ada faktor tuan rumah dan DKI. Kami siap mengamuk kalau juri tak beres,” tegasnya.

Saat ini, imbuh Johan persiapan atlet kick boxing Jateng baik fisik dan teknik sudah berada pada 70 persen hingga 80 persen. “Yang 20 persen masalah teknis dan stretegi menyusul sampai PON,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua KONI Jateng, Bambang Raharjo Munajat menyatakan, target moderat tiga emas, kalau rasional optimis bisa lima emas.

Baca juga: Menembak Jateng Targetkan Lima Emas, KONI Jateng Yakin Tak Melesat

“Kalau mentargetkan berlebihan bila tak tercapai malah merugikan tim. Karena kick boxing sudah menjadi cabor diperhitungkan daerah lain juga melakukan persiapan serius,” ujarnya ketika  monitoring dan evaluasi Pelatda Kick Boxing Jateng.

Memang pada eksebisi PON 2021 di Papua, dapat lima emas, namun, lanjut Bambang daerah mulai mengarahkan atlet cabang olaharaga lain seperi tinju, taekwondo untuk terjun ke kick boxing.

“Kick Boxing menjadi cabor unggulan karena prestasinya yang konsiten. KONI pasti memberikan dukungan untuk meraih hasil terbaik,” tandasnya.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN