28 C
Semarang
, 31 May 2024
spot_img

Menembak Jateng Targetkan Lima Emas, KONI Jateng Yakin Tak Melesat

Semarang, Jatengnews.id  – KONI Jateng menyebut cabor menembak memiliki sejarah bagus dengan berikan medali emas Jateng pada PON.

Wakil Ketua Umum I KONI Jateng Bambang Rahardjo Munadjat mengatakan hal ini ketika melakukan monitoring Pelatda menembak Jateng di Lapangan Tembak Kompleks Stadion Jatidiri Semarang, Rabu (8/5/2024).

Perlu diketahui cabor menembak Jateng memiliki jejak sejarah positif di pesta olahraga nasional durasi empat tahunan ini.

Baca juga: Hapkido Gelar Pelatda, KONI Jateng Berharap Jangan Lengah di PON Aceh Sumut

Jateng pernah menjadi juara umum dengan delapan medali emas di PON Palembang 2004 silam, disusul enam emas di PON Kaltim 2008.

Melihat sejarah tersebut dan saat ini dengan materi atlet yang mumpuni dan enam diantaranya penghuni Pelatnas, KONI Jateng menaruh harapan besar pada cabor ini. Apalagi, menembak masuk dalam cabang prioritas lini pertama di Pelatda PON 2024.

”Harapan kami, torehan medali emas di PON Aceh-Sumut jauh lebih baik dibanding PON sebelumnya. Meskipun penuh keterbatasan, semangat petembak di pelatda luar biasa. Kami juga punya sederet atlet andal, dan histori yang bagus di PON. Jadi harus yakin target emas menembak di PON Aceh-Sumut tak meleset,” kata Bambang.

Selain Bambang, tim Monev KONI yang hadir yaitu Kabid Rena Danang Atmodjo, Pengawas Internal III Sri Busono. Sedangkan dari Pengprov Perbakin Jateng, tampak Kabid Menembak Target Rudy Dwi Tjahyanto, Kabid Organisasi Edy Waluyo, Kabid Humas Agung Wahono dan wakilnya Darjo Soyat.

Pelatih Pelatda Andy Hendrata menjelaskan, pihaknya memanggil 20 petembak terbaiknya pada program Pelatda PON 2024 yang terbagi di tiga lokasi yaitu Kota Semarang, Jakarta, dan Surakarta.

Dijelaskan Andy, petembak senior yang berlatih di Semarang diantaranya Dalimin dan Tirano Baja. Dalimin yang meraih perunggu di PON Papua 2021, pada PON Aceh-Sumut akan tampil di nomor 10m Air Pistol Men Perseorangan, 10m Air Pistol Men Beregu,  10m Air Pistol Mixed Team, dan 50m Pistol Men Perseorangan.

Sedangkan Baja bakal tampil di nomor yang baru dilombakan di PON, yaitu Benchrest HV. Baja adalah peraih emas nomor ini pada SEA Games 2019 di Filipina.

Ditambahkan Andy, enam  atlet Jateng yang menjalani Pelatda PON di Jakarta karena bersatus atlet Pelatnas terdiri atas M Iqbal Raia Prabowo,  Alif Satria Bahari,  Arista Perdana Putri Darmoyo  (nomor air pistol), Richard Gasita, Izzudin Afif, dan Athary Zahraa (nomor senapan),

Baca juga: KONI Jateng Pantau Pelatda, Panjat Tebing Target Lima Emas

Untuk target menembak di PON 2024 nanti, mantan peraih emas PON 2004 tersebut menyebut lima medali emas, tiga diantaranya dari nomor senapan. Tembak reaksi dan siluet juga diharapkan memberikan kontribusi emas.

”Pesaing utama kita di nomor senapan ada Jawa Barat dan DKI Jakarta, nomor pistol datang dari Aceh. Tapi kita masih di atas. Jateng juga siap mengikuti try out di Jakarta melalui Kejuaraan Antarpengprov, dan try in di Jateng Open,” katanya.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN