27 C
Semarang
, 27 July 2024
spot_img

Diikuti Atlet Luar Negeri, Specta Pingpong Jateng 2024 Disebut Bisa Bangkitkan Olahraga dan Wisata Jateng

Semarang, JatengNews.id – Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana resmi membuka Specta Pingpong Jateng 2024 di GOR Jatidiri Semarang, Kamis (16/5/2024) malam.

Specta Pingpong Jateng 2024 diikuti sebanyak 1140 peserta yakni dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Lebih spektakuler beberapa atlet luar negeri turut meramaikan even ini yakni dari Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Jateng Agung Hariyadi mengatakan semua atlet di Specta Pingpong Jateng 2024 ini telah siap bertanding untuk memperebutkan penghargaan menjadi yang terbaik.

Dalam even Specta Pingpong Jateng 2024 ini ada beberapa nomor yang dipertandingkan, yaitu nomor under (U-10) putra dan putri, under 12 putra dan putri, under 15 putra dan putri, U-18, tunggal umum putra, tunggal umum putri, veteran, dan ganda campuran.

“Dari luar negeri ada Malaysia itu lima peserta, Vietnam ada dua peserta, dan enam peserta dari Filipina,” jelas Agung Kamis (16/5/2024) di sela sela acara.

Agung menambahkan untuk medali yang diperebutkan yakni 12 emas, 12 perak, dan 24 perunggu. Selain itu dampak positif dari digelarnya Specta Pingpong Jateng 2024 ini sebanyak 15 hotel di Kota Semarang dipenuhi para peserta. Dan satu hotel di Kabupaten Semarang juga ditempati peserta.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memukul bola pertama dengan pasangan atlet pingpong nasional Yon Mardiono di Specta Pingpong Jateng 2024. (Foto:JN)

Perlu diketahui even ini merupakan rangkaian dari 14 even Specta Jateng 2024. Dengan lima even telah dilakukan. Disampaikannya, setiap even selalu kian semarak penyelenggaraannya. Kegiatan ini tidak hanya sekadar even olahraga tapi juga dimanfaatkan untuk wisata.

Ia berharap, kegiatan mampu melahirkan jiwa kedisiplinan, menghargai satu sama lain, dan menyiapkan atlet dalam menghadapi even yang lebih bergengsi.

Diramaikan Artis Nasional

Sebagai informasi dalam pembukaan kegiatan ini, diramaikan beberapa artis nasional seperti komedian Bedu dan Abdel yang berlaga eksibisi pingpong, Difarina dan Gilga Sahid berikut Gildcoustic. Acara berlangsung meriah juga dihadiri oleh Sekda Jateng Sumarno, Kepala OPD Jateng.

Selain itu, yang menarik dalam kompetisi tenis meja Jateng Sport Tourism Events (Specta) bertajuk Jateng Pingpong 2024 di GOR Jatidiri, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana berpartner dengan mantan atlet timnas Yon Mardiono melawan pasangan komedian Abdel Achrian dan Bedu Tohar.

Jalannya laga terlihat seru. Karena, masing-masing tim memberikan perlawanan yang sengit. Serangan demi serangan digencarkan untuk saling mengalahkan. Meski sengit, namun aksi banyol sesekali dilakukan. Salah satunya, Abdel saat keliru melempar bet-yang harusnya melempar bola. Kontan saja, hal itu membuat penonton tertawa.

Pertandingan pun harus disudahi dengan kemenangan tim Pj Gubernur dengan skor 9-11. Kehebatan tim Pj Gubernur memang telah diprediksi sebelumnya oleh Abdel sebelum pertandingan dimulai. Sebab, kemampuan Nana maupun Yon sudah tidak perlu diragukan.

“Saya nyerah saja. Lawannya Pj Gubernur,” kata Abdel saat diwawancarai pembawa acara.

Pasangan Abdel Achrian dan Bedu Tohar ketika memukul bola pertama di Specta Pingpong Jateng 2024. (Foto:JN)

Meski demikian, Abdel bersama Bedu siap memberikan perlawanan maksimal agar permainan enak ditonton. Bedu menambahkan, dengan perlawanan terbaik yang dikerahkan, mereka berharap itu akan mampu membuat even Jateng Pingpong tambah meriah.

“Kita akan berikan perlawanan terbaik. Yang penting Jateng Pingpong makin meriah,” ujar Bedu.

Di even Specta Pingpong Jateng 2024 ini, dituturkan Abdel, antusias atlet luar biasa untuk berkompetisi. Hal itu tampak dari penuh-sesaknya venue oleh para atlet. Tercatat ada 1.140 atlet ambil bagian.

Atlet tidak hanya dari seluruh daerah di Jateng, tapi juga dari Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Bali, Sulawesi, Kalimantan, hingga provinsi lain. Termasuk juga ada atlet yang berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Pj Gubernur Nana Sudjana menyampaikan, Specta Jateng Pingpong 2024 ini berjalan dari 16-19 Mei 2024. Kegiatan diikuti dari berbagai daerah dan mancanegara.

Bangkitkan Sport Tourism dan UMKM

“Pelaksanaan berlangsung meriah. Jateng Pingpong ini merupakan salah satu even dari 14 even Specta Jateng 2024 yang akan dilakukan setiap bulan. Ini dalam rangka membangkitkan kembali Jateng Sport Tourism, dan UMKM,” ujarnya.

Nana berharap, gelaran tenis meja bergengsi ini akan menjadi momen untuk mencari bibit potensial untuk kemajuan olahraga Jateng.  Khususnya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi even yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

“Bisa mencari bibit yang dipersiapkan untuk even yang besar dan juga sebagai ajang persiapan mengikuti PON mendatang,” pungkas Nana.(Adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN