26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Pemkab Akan Merevitalisasi Alun-alun 1 Jepara

Jepara, Jatengnews.id – Pemerintah Kabupaten Jepara berencana merevitalisasi Alun-Alun 1 Jepara awal Juni tahun ini. Upaya dalam rangka pembaruan sekaligus penataan wajah kota. Proyek tersebut dibiayai dengan dana bantuan provinsi, yang ditargetkan rampung dalam waktu enam bulan setelah proses lelang.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara H. Edy Supriyanta, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, dan Asisten II Sekda Jepara Hery Yulianto sepakat menekankan pentingya menjaga kualitas proyek penataan alun-alun. Tiap bagian yang direvitalisasi harus mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan, keindahan, hingga ketahanan.

“Kualitas betul-betul harus yang bagus. Tidak mudah rusak,” ujar Pj. Bupati dalam rapat perencanaan kegiatan tersebut, di ruang Command Center Setda Jepara, belum lama ini.

Baca juga : Sedot Banyak Wisatawan Lokal dan Mancanegara Pemkab Jepara Dukung Pelestarian Atraksi Perang Obor

Selain kualitas pengerjaan, ia juga minta supaya tetap mengedepankan fasilitas pelayanan bagi penyandang disabilitas. “Ada fasilitas untuk disabilitas, tetap diperhatikan,” imbuhnya dikutip dari laman resmi Pemkab Jepara Jumat (24/05/2024).

Di samping itu, dia ingin tengara atau _landmark_ identitas tulisan alun-alun tak dihilangkan. Sebab jadi penanda khususnya orang dari luar Jepara. Begitu pula adanya penambahan dan perbaikan sarana kursi dan tempat sampah. “Diperhatikan jumlah tempat duduk atau kursi dan tempat sampah. Dibuat sekalian yang bagus, karena alun-alun ini jadi pusat berkumpulnya orang-orang,” kata dia.

Proyek tersebut nantinya juga bisa menyasar taman seberang jalan, sebelah barat alun-alun 1 Jepara. Tiang-tiang dan kabel PLN yang melintang di area utama pun ia harapkan ditata agar tak terlihat. “Beri lampu-lampu menarik, mainnya di lampu, percuma bagus kalau malam tidak terlihat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Jepara Ary Bachtiar mengungkapkan proyek revitalisasi ini dianggar Rp4 miliar. Dananya bersumber dari bantuan provinsi atau Banprov Jateng 2024. “Alokasi anggaran untuk revitalisasi alun-alun ini sebesar Rp4 miliar dari banprov di 2024,” ujarnya.

Tahap pekerjaan tersebut terlebih dahulu diawali proses lelang, rencananya dilakukan akhir bulan ini atau awal Juni. Harapannya, Juni sampai enam bulan ke depan bisa dimulai proses konstruksinya.

Pengerjaan utama penataan Alun-Alun 1 Jepara itu adalah penggantian dan pelebaran lantai lintasan joging. Semula berupa keramik yang kondisinya saat ini pecah-pecah di beberapa bagian. Nantinya akan diganti dengan batu alam andesit. Lebarnya pun jadi dua kali lipat. “Nanti kita ganti dengan material batu alam andesit. Jadi selain cantik, alami, juga nanti lebih awet dari keramik,” tuturnya.

Baca juga : OJK Cabut Izin Usaha BPR Bank Jepara Artha

Penambahan fasilitas lain, ada fasilitas olahraga outdoor hingga ornamen juga aksesoris pelengkap. Menurutnya, tujuan dilakukan penataan ini adalah momentum penataan kota. Sebab di daerah-daerah lain juga tengah melaksanakan hal serupa. “Kami harapkan dengan revitalisasi alun-alun ini menambah kesan indah, cantik wajah Kota Jepara, dan bisa memberikan kenyamanan masyarakat,” terangnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN