27 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Siti Chotijah, Kepala Sekolah Inspiratif Awali Karir dari Guru Honorer

Karanganyar, Jatengnews.id – Tidak mudah jalan yang dilalui Kepala Sekolah SDN 01 Pojok Kecamatan Mojogedang, Siti Chotijah ini.

Wanita kelahiran 5 Juni 1982 ini, mengawali karir sebagai tenaga pendidik atau guru sejak tahun 2005 lalu. Saat itu, Siti tercatat sebagai guru honorer di SDN 02 Lalung, Kecamatan Karanganyar Kota, Karanganyar.

Baca juga: Balai Litbang Agama Semarang Sosialiasi Penguatan Moderasi Agama Bagi Guru SMA dan SMK di Jogja

“Saya benar-benar dari nol. Selepas menempuh pendidikan Diploma Tiga, saya menjadi guru honorer dengan gaji yang sangat kecil. Bahkan untuk transportasi saja kurang,”ujarnya Jumat (24/5/2024).

Selama tiga tahun sebagai guru honorer, pada tahun 2009, Siti diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penempatan pertama, kata Siti, di SD Negeri 01 Desa Blorong, Kecamatan Jumantono. Sejak diangkat sebagai PNS inilah menjadi titik balik perjalanannya dalam meniti karir.

“Saya berasal dari keluarga kurang mampu. Kehidupan keluarga, hanya cukup untuk makan. Bahkan saat itu, saya bersama orang tua dan adik, ngontrak di salah satu rumah. Saat kuliah juga dengan biaya terbatas dan sampai Diploma Tiga,”ungkapnya.

Setelah diangkat sebagai guru PNS, keinginan untuk belajar semakin besar. Tidak berselang lama setelah menjadi guru PNS, Siti dapat menyelesaikan studi SI di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Solo.

“Saya ingin terus belajar. Saya ingin, ilmu yang saya dapatkan, saya berikan sepenuhnya kepada anak didik saya. Saya ingin, anak didik saya jangan sampai ada yang putus sekolah. Jangan pernah menyerah dengan keadaan,”terangnya.

Setelah mengabdi selama 3 tahun di Kecamatan Jumantono, sejak tahun 2012, Ibu dua anak ini dimutasi ke SD 01 Desa Suruh Kecamatan Tasikmadu.

Dari SDN 01 Desa Suruh ini juga, dia menyelesaikan studi S2 dengan predikat cumlaude.

Berbagai penghargaan juga berhasil diraihnya dalam berbagai ajang lomba, baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti, Dubai Award inovative Teacher tahun 2022,  Inspiring Women Awards Malaysia tahun  2021, Global Teacher Award India 2019, Penghargaan Guru Berprestasi Mahkamah Konstitusi,  Penghargaan guru berdedikasi PGRI Kabupaten Karanganyar, Guru Prestasi Nasional Kemendikbud.

Satu tahun setelah menuntaskan pendidikan S2, sejak tahun 2023 lalu, Siti diangkat sebagai Kepala Sekolah di SDN 01 Pojok, Kecamatan Mojogedang Karanganyar.

Baca juga: Guru Besar UIN Walisongo Tanggapi Soal Berhaji Harus Pakai Visa Haji

Wanita berhijab ini, terus mengembangkan diri. Berbagai pelatihan dan seminar diikuti untuk mengasah kemampuan dalam mengembangkan metode pembelajaran kepada anak didiknya.

“Berikan yang terbaik kepada anak didik. Berikan motivasi kepada mereka. Sebagai pendidik, kita harus mengembangkan potensi yang ada di dalam diri peserta didik,”terangnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN