26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Bawaslu Jateng Lantik Panwascam

Semarang, Jatengnews.id – Jelang pelaksanaan Pilkada November 2024 mendatang, Bawaslu Jawa Tengah (Jateng) mulai melantik ribuan Panwascam di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Ketua Bawaslu Provinsi Jateng, M Amin mengungkapkan, bahwa para Panwaslu Kecamatan ini telah resmi dilantik pada Jumat (24/5/2024) lalu.

Baca juga: Bawaslu Kota Semarang Buka 26 Calon Anggota Panwaslu Kecamatan

“Pelantikan dilakukan secara serentak di 35 kabupaten/kota. Jumlahnya ada 1728 Panwaslu Kecamatan (1312 laki-laki dan 416 perempuan,” ucapnya.

Amin mengingatkan kepada para Panwaslu Kecamatan untuk terus bersamangat hingga akhir atau tidak hanya semangat di awal. Menurutnya, kerja-kerja Panwaslu Kecamatan tidaklah mudah, karena setelah pelantikan ini bakal dihadapkan dengan pemutakhiran dan verivikasi faktual.

“Tahapan saat ini didalam pemilihan, pertama yaitu pengawasan pemutakhiran data pemilih, kemudian pencalonan perseorangan di wilayah-wilayah,”

Sebutnya, ada dua wilayah dalam pengawasan terkait dengan persyaratan calon perseorangan, yakni di Kabupaten Sukoharjo dan juga Kabupaten Tegal.

Baca juga: Bawaslu Kota Semarang Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan

“Kemudian di internal kita juga sedang pembentukan badan network di tingkat kelurahan dan desa. Selain itu, juga segera berkoordinasi, berkomunikasi dengan kabupaten masing-masing didalam pembentukan sekretariat dan juga staf pendukung serta staf teknis,” paparnya.

“Itu (integritas dan netralitas) menjadi tantangan yang wajib dilakukan. Harapannya dengan adanya pelantikan serentak ini, kami berharap kepada seluruh jajaran Panwas Kecamatan agar segera beradaptasi dan juga segera berkoordinasi,” harapnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN