26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Aksi Tabur Bunga di Depan Kantor DPRD Jateng, Jurnalis Sepakat Tolak RUU Penyiaran

Semarang, JatengNews.id – Puluhan jurnalis menolak RUU Penyiaran dengan melakukan Aksi Tabur Bunga di depan gerbang Kantor DPRD Jateng, Kamis 30 Mei 2024.

Aksi Tabur Bunga di depan Kantor DPRD Jateng ini sebagai wujud duka cita atas munculnya RUU Penyiaran yang digagas DPR RI.

Salah seorang pengurus AJI Semarang, Riska Farasonalia  terlihat berputar dengan kostum kain tenun lengkap dengan ikat kepala melakukan teatrikal penaburan buang.

Baca juga: Tolak RUU Penyiaran, Puluhan Jurnalis Gembok Gerbang DPRD Jateng

Dengan raut muka duka dengan disertai bau dupa, Riska menaburkan bunga yang ia bawa dengan baskom berisi bunga tabur pemakaman.

“Secara simbolis bentuk berduka kami sebagai jurnalis atas RUU Penyiaran yang mencederau kebebasan pers dan demokrasi,” ucap Riska kepada Jatengnews.id usai melakukan tabur bunga.

Dalam bascom yang berisi air dan bunga tersebut, juga terlihat disiramkan pada kamera sebagai bentuk pembredelan kebebasan jurnalis.

Baca juga: Awak Media Jateng Aksi Tolak RUU Penyiaran di Gedung DPRD Jateng

Bahkan, terlihat beberapa jurnalis juga melemparkan id card (kartu pers) milikinya sebagai bentuk ketidak percayaan kepada pemerintah pembuat RUU.

Telah diketahui bahwa RUU Penyiran yang baru-baru ini digagas oleh DPR RI menuai penolakan para jurnalis di penjuru negara Indonesia.

“Untuk itu saya menolak RUU penyiaran, karena mengam jurnalis, pekerja media dan masyarakat sipil,” tandasnya. (Kamal-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN