26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Curug Winong, Potensi Wisata Air Terjun yang Masih Perawan dan Perlu Sentuhan Pemerintah

Kekayaan alam yang begitu luar biasa diberikan oleh Tuhan ketika dikelola dengan baik, pastinya akan memberikan nilai positif. Begitu juga keberadaan Curug Winong yang saat ini perlu ada sentuhan dari pemerintah. Memiliki potensi air terjun yang begitu indah, Curung Winong diharapkan bisa menjadi salah satu wisata baru yang keren di Jawa Tengah

Wonosobo, JatengNews.id – Curug Winong adalah sebuah obyek wisata air terjun yang terletak di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Namun, keberadaannya belum begitu banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal Curug Winong memiliki potensi wisata air terjun yang masih perawan serta menyimpan sejuta keunikan dan kekayaan alam.

Baca juga: Curug Pletuk dan Surga Fotografi di Pelukan Alam Pesangkalan Banjarnegara

Lokasi Curug Winong sendiri berada di Desa Winongsari berjarak 24 km dari Kota Kabupaten Wonosobo dan 4 km dari Kota Kecamatan Kaliwiro.

Potensi air terjun dan kekeyaan alam yang ada di Curug Winong. (Foto: Tim JN)

Desa Winongsari terletak di sebelah Timur Kecamatan kaliwiro berbatasan langsung dengan Desa Kalialang Kecamatan Kalibawang di sebelah Timur, sebelah Barat Desa Sukorena Kecamatan Kaliwiro, sebelah Selatan Desa Kauman Kecamatan Kaliwiro dan sebelah Utara dengan Desa Kaliputih Kecamatan Selomerto.

Di Tengah Hutan

Tak terdengar suara kendaraan roda dua mapun roda empat, yang terdengar adalah siulan burung serta derasnya aliran sungai yang airnya terjatuh dari dataran tinggi ke dataran yang lebih rendah.

Suara itu ternyata datang dari sebuah air terjun yang bernama Curug Winong yang letaknya tepat di tengah-tengah gerumbulan hutan.

Mendengar suara derasnya air terjun itu menggugah tim JatengNews.id untuk menelusuri keberadaan Curug Winong.

Baca juga: Bernostalgia di Wisata CLBK Semarang, Yuk Nikmati Air Terjun yang Elok Hingga Alam yang Sejuk

Ternyata belum begitu banyak wisatawan yang tahu letak Curug Winong tersebut. Ya wajar saja apabila masih banyak masyarakat yang belum tahu, sebab Curug Winong letaknya jauh dari jalan raya.

Akses jalan menuju air terjun Curug Winong. (Foto: Tim JN)

“Letaknya yang jauh dari jalan raya barangkali sebagai penyebab utama belum banyaknya wisatawan yang mengetahui letaknya Curug Winong mas,” terang Sutarno tukang parkir roda dua dan empat di area sebelum masuk Curug Winong, Minggu, 31 Mei 2024 kepada JatengNews.id

Untuk menikmati potensi wisata air terjun ternyata tak perlu mengeluarkan uang banyak, karena hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 2000 untuk parkir kendaraan.

“Jarak yang harus ditempuh menuju Curug Winong harus dilalui dengan berjalan kaki sepanjang 500 meter dari lokasi parkir ini mas,” terang tukang parkir.

Namun, tak sia-sia meskipun harus menempuh jalan yang cukup panjang namun tak sia-sia, karena sesampai di lokasi Curug Winong langsung bersentuhan dengan air yang begitu dingin serta ditemani hijaunya pohon-pohon disekeliling curug.

Asal Usul Curug Winong

Mengenai asal usul pemberian nama dengan Curug Winong dan pemberi namanya hingga kini belum diperoleh informasi yang akurat.

Namun, apabila diperhatikan pemberian nama curug tersebut berdasarkan nama sebuah desa yakni Winongsari.

“Antara Desa dengan curug itu saling berhubungan, sehingga ada keterikatan yang kuat diantara keduanya,” terang Sulistiyo warga Winongsari.

Baca juga: Pesona Desa Wisata Besani Batang Yang Memikat Hati

Curug Winong ini merupakan bagian dari sungai yang terletak di desa Winongsari, sekaligus menjadi curug yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 400 meter ini bisa dinikmati dengan aliran yang deras memungkinkan terjadinya air terjun dan menambah keindahan suasana.

Lokasi wisata air terjun Curug Winong. (Foto: Tim JN)

Sayangnya potensi wisata air terjun ini belum tergali dan termanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah di Kabupaten Wonosobo maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, salah satu kendala utama untuk menjangkau kawasan ini adalah sarana prasarana transportasi yang belum bagus, yaitu jalan.

Infrastruktur jalan yang dilewati oleh pengunjung terutama yang datang dari luar desa kurang memadai.

“Tentu saja keadaan ini kurang kondusif untuk kedatangan para pengunjung dari luar daerah karena resiko kendaraan,” terangnya.

Baca juga: Pantai Glagah Wangi Demak, Menikmati Sunset Hingga Serunya Spot Foto dan Naik Perahu

Menurutnya, apabila potensi Curug Winong dapat dikelola dengan baik dan didukung pemerintah seperti ases jalan, diharapkan Curug Winong bisa menjadi destinasi baru mengenalkan pariwisata Jawa Tengah.

“Selain itu, juga bisa meningkatkan jumlah kungjungan wisatawan ke Jawa Tengah. Tentunya hal ini sesuai 10 Program Prioritas Pj Gubernur Jateng,” Ahmad Jamil salah satu pengunjung ketika ditanya JatengNews di lokasi. (Adv-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN