34 C
Semarang
, 18 June 2024
spot_img

Tim Hibah MBKM UNS Gelar Program Kerja Pengoptimalan Desa Wisata di Klaten

Klaten, JatengNews.id – Tim Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Desa Balerante Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar serangkaian program kerja.

Program kerja yang dilakukan Tim Hibah MBKM UNS Prodi Pendidikan Geografi Kombinasikan fokus pengoptimalan desa wisata mitigasi, konservasi dan ekonomi lokal.

Program kerja yang dilakukan Tim Hibah MBKM UNS merupakan program gagah bencana dan ekowisata kalitalang di Desa Wisata Balerante Kec. Kemalang Kabupaten Klaten. Program kerja tersebut dilaksanakan selama 5 bulan sejak Februari – Juni 2024.

Baca juga: UNS Pamerkan Mobil Super Irit

Diketuai oleh Ahmad Rondi, Tim Hibah MBKM Desa Balerante ini terdiri dari 9 anggota. Kesembilan anggota tersebut adalah Anakita Sascha Aurora Jasmine, Aslam Abdullah Arif, Ladyva Laudya Susanto.

Selain itu, Nadya Putri Fitriani, Rizqi Amaliyatun Nisa, Upik Cahyaningrum, Wahyu Triadi, Windi Azizah, dan Yovina Lestari Santoso.

Dalam melaksanakan serangkaian program kerja tersebut, mereka dibimbing oleh dua dosen pembimbing lapangan (DPL) yakni DPL 1 adalah Dr. Pipit Wijayanti S.Si., M.Sc dan DPL 2 Dr. Rita Noviani S.Si., M.Sc.

Serangkaian kegiatan ini terdiri dari wawancara dan observasi awal mengenai potensi desa meliputi potensi kebencanaan erupsi Gunung Merapi, potensi wisata yang berbasis mitigasi, konservasi, dan ekonomi lokal, serta potensi kebudayaan dan kearifan lokal yang masih lestari di Desa Balerante.

Baca juga: KKN UNS Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair Limbah Rumah Tangga di Desa Segorogunung

Rondi mengatakan dalam serangkaian kegiatan ini berfokus pada program pengembangan desa dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada dengan tetap mengedepankan program unggulan Gagah Bencana dengan kaitannya pada upaya mitigasi dan konservasi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang berbatasan langsung dengan Ekowisata Kalitalang.

“Kegiatan pelepasan mahasiswa Hibah MBKM Desa Balerante dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Maret 2024. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Balerante yakni Bapak Sukono dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 1 kami yakni Dr. Pipit Wijayanti S.Si., M.Sc, serta Bapak Basuki selaku sekretaris Desa Balerante. Pada kegiatan ini, dilakukan penyerahan mahasiswa dari pihak kampus kepada pihak desa secara simbolis. Dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh saya,” kata Rondi.  (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN