31 C
Semarang
, 23 July 2024
spot_img

Tanggul Laut Kota Semarang Direncanakan Selesai Agustus 2024

Semarang, JatengNews.id – Pembangunan Tanggul Laut di Kampung Tambaklorok Kota Semarang direncanakan selesai pada Agustus 2024 tahun ini.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau pembangunan Tanggul Laut di Tambaklorok Kota Semarang, Senin 17 Juni 2024.

Jokowi berharap, infrastruktur Tanggul Laut di Kota Semarang mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Dia juga menyebut proyek ini bisa menjadi percontohan untuk wilayah lain dalam menangani atau mengendalikan banjir rob.

Baca juga: Warga Senang Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Tanggul Laut di Semarang, Berharap Cepat Selesai

“Saya kira dalam jangka 30 tahun, minimal bisa menahan rob yang terjadi. Akan selesai bulan Agustus 2024. Ini nanti kalau baik, penataan kampung nelayan baik, nanti bisa direplikasi, bisa dicopy (dicontoh-red) daerah lain. Paling ndak ada contoh dulu,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang biasa dipanggil Mbak Ita berharap, dengan adanya proyek ini bisa menjadi solusi penanganan rob di wilayah pesisir. Selain pembangunan sheet pile, adapula dinding pemecah gelombang air laut.

Proyek ini sudah menjadi harapan masyarakat Kota Semarang, khususnya Tambaklorok. Sebab, dalam proyek tersebut mencakup penataan kampung nelayan dan kampung wisata bahari.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Pj Gubernur Jateng Salat Ied dan Kurban di Semarang

“Sehingga nanti jika ada angin baratan, air itu tidak akan masuk ke dalam teluknya yang ada di Tambaklorok. Ini juga jadi salah satu upaya pencegahan rob dan banjir di Kota Semarang,” katanya.

Demikian informasi, pembangunan Tanggul Laut di Tambaklorok Kota Semarang direncanakan selesai pada Agustus 2024 tahun ini. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN