31 C
Semarang
, 23 July 2024
spot_img

Sapi Kurban Presiden Jokowi Disembelih, Ribuan Orang Dapatkan Dagingnya

Semarang, Jatengnews.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha dan Kurban Sapi di masjid Baiturrahman Kota Semarang.

Takmir Masjid Baiturrahman, Multazam Ahmad membenarkan, bahwa Jokowi kurban sapi di masjid Baiturrahman dan proses penyembelihannya dilakukan di Islamic Center Semarang.

Baca juga: Mbak Ita Ajak Panitia Pembagian Daging Kurban di Semarang Tinggalkan Kantong Plastik

Sapi seberat 1,2 ton yang dikurban Jokowi, dikabarkan telah di sembelih pada Selasa (18/6/2024) pagi sekitar pukul 07:15 WIB.

“Memang sapinya besar tapi prosesnya cepat, dari memotong sampai menjatuhkan kemudian langsung diikat dan disembelih, ada sekitar 15 orang,” jelasnya kepada awak media Selasa (18/6/2024).

Meskipun sapi berjenis lemosin itu besar, menurutnya tidak menjadi sebuah masalah atau terjadi kendala. “Alhamdulillah tidak ada kendala, tadi saya lihat prosesnya cepat,” katanya.

Tidak hanya Jokowi, Multazam menyebutkan bahwa beberapa tokoh lain juga melakukan kurban sapi di masjid yang ia pimpin tersebut.

“Pak Presiden, Pj Gubernur Jateng (Nana Sudjana), lalu Pak Kapolda (Irjen Ahmad Luthfi), terus Ibu Walikota (Hevearita G Rahayu), Rektor Udinus (Edy Noersasongko) dan BPN. Sapi semua (yang dikorbankan),” jelasnya.

Baca juga: Pembagian Daging Kurban di Semarang Mulai Tinggalkan Penggunaan Kantong Plastik

Kurban yang dikelola oleh Masjid Baiturrahman sendiri ada 15 sapi dan 53 kambing. “Kurang lebih 3000 kantong yang akan dibagikan kepada masyarakat,” tambahnya.

Proses pembagian ini, bakal dilaksanakan di Masjid Baiturrahman dengan menggunakan kupon dan pembagiannya menggunakan besek (mengurangi plastik).

“Tentu akan kita distribusikan kepada yang berhak, yakni fakir miskin kemudian di masyarakat, lalu PKL (Pedagang Kaki Lima), tukang becak dan di sekitar simpang lima juga,” ujarnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN