
Semarang, Jatengnews.id – Program expo bisnis merupakan langkah cerdas dalam mengembangkan jiwa wirausaha mahasiswa. Kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk mengembangkan ide-ide inovatif dikalangan generasi muda.
Seperti yang di lakukan oleh ratusan mahasiswa Universitas Stikubank (Unisbank) yang menggelar Expo Bisnis Wirausaha Unisbank, Jumat (16/5/2025).
Baca juga : Mahasiswa Semarang Desak Perbaikan Segera Jalan Brigjend Sudiarto yang Rusak Parah
Para mahasiswa tersebut membuat beragam produk atau usaha unggulan mereka kemudian dipamerkan di tenant yang disediakan Unisbank Semarang. Sejumlah 108 tenant memamerkan hasil produk atau usaha unggulan dari mahasiswa Unisbank. Program tersebut merupakan bagian dari implementasi mata kuliah kewirausahaan yang ada di Unisbank Semarang.
Rektor Unisbank Dr.Elen Puspitasari, SE, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, Membentuk karakter mahasiswa menjadi wirausaha diperlukan sebelum akhirnya mereka terjun langsung ke dunia wirausaha atau bisnis.
“Program ini memberikan mereka ruang untuk mengasah keterampilan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam dunia usaha setelah lulus,” jelasnya
Ia menambahkan, Sebagai kampus yang memiliki tagline Digital Youth Entrepreneurial University (Universitas Wirausaha Pemuda Digital), pihaknya ingin menghasilkan para pengusaha muda di mana mereka memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha serta berkesempatan untuk kuliah.
“Dalam kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menunjukkan produk atau ide mereka, tetapi juga untuk mempresentasikan dan memasarkan ide tersebut dengan metode yang efektif dan efisien. Kemampuan komunikasi, presentasi, dan pemasaran menjadi keterampilan yang sangat berharga bagi para mahasiswa yang ingin memasuki dunia wirausaha,” ujarnya
Adapun Dosen Pendamping Expo Bisnis Novita Mariana, S.Kom., M.Kom menjelaskan,
Terkait dengan pameran produk ada kriteria penilaian yang ditetapkan tim dan dewan juri di antaranya ide bisnis harus kreatif dan inovatif, menawarkan solusi, serta memiliki nilai tambah yang jelas bagi konsumen dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.
“Kemudian memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target pasar serta berkelanjutan,” ujarnya
Ia menjelaskan, ada dua jenis usaha yang dipamerkan mahasiswa di expo bisnis ini yaitu bidang kuliner dan non kuliner. Dalam kegiatan expo bisnis tersebut, bidang usaha kuliner lebih banyak dilakukan mahasiswa meskipun harus tetap membaca peluang dan potensi yang ada.
“Mungkin para mahasiswa ini ingin memilih mana yang menurut mereka mudah. Namun membuat usaha kuliner juga ada tantangannya, ini biar mereka merasakan dahulu,” tegasnya
Lebih lanjut, Bu Hana sapaan akrabnya yang juga Ketua Program studi Sistem Informasi mengatakan, Melalui expo bisnis ini mahasiswa dapat melihat langsung keberagaman usaha dan potensi kewirausahaan yang ada di sekitar mereka. Melihat sesama mahasiswa yang berhasil memulai usaha mereka sendiri dapat menginspirasi dan menumbuhkan semangat berwirausaha.
Baca juga : 175 Altet Ikuti Kejuaraan Pelajar Dai Kyokushin Karate Indonesia Jateng 2024
“Melalui kegiatan tersebut, mereka belajar berpikir kreatif, mengasah keterampilan komunikasi, membangun jaringan, serta menghadapi tantangan bisnis secara langsung. Expo bisnis menjadi batu loncatan penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan ide bisnis dan meraih kesuksesan di dunia wirausaha,” terangnya. (Arif-03)