JAKARTA, Jatengnews.id – PT Pegadaian mencatat kinerja impresif sepanjang Semester I 2025 dengan pertumbuhan aset, pinjaman, dan laba bersih yang signifikan. Perusahaan mencetak laba bersih sebesar Rp3,58 triliun, tumbuh 23,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp2,9 triliun.
Pertumbuhan ini didukung peningkatan aset menjadi Rp121,1 triliun atau naik 29,3% secara tahunan (YoY), serta outstanding loan (OSL) gross yang melonjak 31,8% menjadi Rp101,5 triliun.
Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menjelaskan bahwa capaian ini merupakan hasil dari transformasi bisnis yang berkelanjutan serta kolaborasi dalam Holding Ultra Mikro bersama BRI dan PNM.
Baca juga: Pegadaian Semarang Salurkan Paket Sembako Korban Banjir Demak
“Alhamdulillah di usia 124 tahun, Pegadaian tetap menunjukkan performa cemerlang. Kolaborasi dalam Holding Ultra Mikro dan kehadiran layanan Bank Emas semakin menguatkan posisi Pegadaian dalam ekosistem emas nasional. Kami terus berkomitmen memberikan edukasi dan literasi keuangan untuk memperkuat ekonomi kerakyatan,” ujar Damar.
Layanan Bank Emas Pegadaian Diminati Masyarakat
Sejak diluncurkan pada Februari 2025, Layanan Bank Emas Pegadaian menunjukkan perkembangan pesat dengan produk-produk unggulan seperti Deposito Emas, Perdagangan Emas, Jasa Titipan Emas Korporasi, dan PMK Emas.
Hingga 1 Juli 2025, saldo Deposito Emas tercatat mencapai 1,28 ton, mencerminkan tingginya animo masyarakat terhadap investasi emas. Selain itu, Pegadaian juga menyediakan fitur Setor Fisik Emas, yang memungkinkan masyarakat mengonversi emas fisik menjadi saldo Tabungan Emas secara praktis dan aman melalui aplikasi Pegadaian Digital.
Dari sisi kesehatan keuangan, Pegadaian mencatat penurunan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi 0,77%, yang menandakan kualitas portofolio pembiayaan semakin baik.
Dengan jaringan lebih dari 4.000 outlet dan 240.000 Agen di seluruh Indonesia, Pegadaian terus menjangkau masyarakat di berbagai pelosok, menghadirkan akses keuangan yang inklusif.
Pemimpin Wilayah Kanwil XI Semarang, Edy Purwanto, menambahkan bahwa pencapaian ini juga memacu semangat di daerah.
Baca juga: Pegadaian Kanwil XI Semarang Gelar Konsolidasi Bank Sampah Binaan Pegadaian
“Kami terus memperluas layanan hingga ke pelosok Jawa Tengah dan DIY melalui agen-agen Pegadaian. Komitmen kami adalah menghadirkan kemudahan transaksi dan edukasi keuangan bagi seluruh masyarakat,” ujar Edy.
Komitmen Pegadaian
Pegadaian terus memperkuat literasi keuangan melalui pembangunan The Gade Creative Lounge di kampus-kampus ternama seperti Unsoed, Undip, UGM, dan UNS. Fasilitas ini menjadi ruang kolaboratif mahasiswa dan komunitas dalam berinovasi serta memperdalam edukasi finansial.
Transformasi digital juga terus diperkuat. Produk dan layanan Pegadaian kini dapat diakses melalui aplikasi Pegadaian Digital, serta terintegrasi dengan kanal perbankan, e-commerce, dan platform investasi. (01).