SEMARANG, Jatengnews.id – Menutup tahun 2025, program Alfamart Sahabat Posyandu kembali menunjukkan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.
Program yang menghadirkan layanan Posyandu di halaman gerai Alfamart ini tercatat telah menjangkau lebih dari 30.000 anak hingga akhir 2025.
Capaian tersebut merupakan hasil kolaborasi Alfamart bersama kader Posyandu, puskesmas, pemerintah daerah, serta berbagai mitra dan brand pendukung yang konsisten mendukung layanan kesehatan dasar masyarakat.
Baca juga: Alfamart Gelar Posyandu di Semarang, Peringati Hari Gizi Nasional
Memasuki akhir tahun, Kodomo Baby bersama Wings Group kembali melanjutkan dukungan sebagai mitra program untuk periode Desember 2025 hingga April 2026. Perpanjangan kerja sama ini sekaligus memperkuat rangkaian kegiatan akhir tahun Alfamart Sahabat Posyandu dan menambah jumlah penerima manfaat menjelang 2026.
Selama dua bulan pelaksanaan mendatang, layanan Posyandu Alfamart ditargetkan hadir di 34 kota dengan sasaran tambahan 6.000 ibu dan anak. Dukungan Kodomo Baby diharapkan semakin memperluas akses layanan kesehatan dasar yang mudah dijangkau dan terjangkau oleh masyarakat.
Salah satu kegiatan Alfamart Sahabat Posyandu digelar di Alfamart Mijen, Jalan Raya Semarang–Boja, Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, pada Sabtu (13/12/2025).
Sejak pagi, para ibu tampak antusias membawa anak-anak mereka untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan bersama kader Posyandu dan puskesmas setempat.
Salah satu peserta, Miyarsi Rahayu, mengaku senang dengan kembali digelarnya Posyandu di gerai Alfamart.
“Selain bisa cek tumbuh kembang anak di Posyandu Alfamart, acaranya juga seru dan meriah. Kali ini banyak sekali hadiah dari Alfamart dan Wings Group,” ujarnya.
Hal serupa disampaikan Setyo Bayu Aji, ayah yang mendampingi keluarganya mengikuti kegiatan tersebut.
“Setiap ada Posyandu saya selalu menyempatkan menemani istri. Acaranya lengkap, jadi merasa aman dan sangat terbantu,” katanya.
Program Alfamart Sahabat Posyandu yang telah berjalan sejak 2023 ini menyediakan berbagai layanan, mulai dari edukasi gizi, pemeriksaan tumbuh kembang anak, imunisasi, hingga pemberian makanan tambahan. Sepanjang tahun, sejumlah brand termasuk Kodomo Baby turut ambil bagian sebagai pendukung kegiatan.
General Manager Corporate Communications Alfamart, Rani Wijaya, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung akses kesehatan keluarga.
“Alfamart berupaya menghadirkan layanan yang mudah dijangkau dan bermanfaat langsung bagi ibu dan anak. Capaian 30.000 penerima manfaat tahun ini merupakan wujud kepercayaan masyarakat serta hasil kolaborasi yang baik dengan para mitra,” ujarnya.
Sementara itu, Marketing Manager Kodomo Baby, Liana Kusuma Dewi, menyebutkan bahwa produk Kodomo Baby Top to Toe Hair & Body Bath difokuskan untuk memberikan edukasi pentingnya penggunaan produk mandi yang diformulasikan khusus untuk bayi.
Baca juga: Alfamart Dukung Program Cegah Stunting di Kota Semarang Melalui Posyandu Berkelanjutan
“Dengan perlindungan hingga 12 jam dan formula hypoallergenic, produk ini menjadi solusi untuk menjaga kelembapan kulit bayi sekaligus mencegah iritasi pada kulit sensitif. Kebersihan dari ujung kepala hingga kaki merupakan fondasi penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi,” jelasnya.
Dengan perpanjangan dukungan hingga April 2026, Wings Group melalui Kodomo Baby berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan layanan kesehatan dasar sekaligus menghadirkan dampak sosial yang berkelanjutan bagi masyarakat. (01).



